Cintai Ususmu, Coba Makan Ini

Selasa, 18 April 2017 – 22:52 WIB
Yogurt. Foto: Yahoo

jpnn.com - SEMUA orang tentu ingin menjaga seluruh anggota tubuh agar berfungsi dengan baik. Tak terkecuali dengan usus.

Sebagai organ yang memiliki peranan penting bagi pencernaan, usus harus senantiasa dijaga kesehatannya setiap hari.

BACA JUGA: Jomlo Ngenes Silakan Coba Peruntungan di KasmaRUN 2017

Ada berbagai macam keluhan yang disebabkan oleh usus yang tidak sehat, antara lain konstipasi, diare dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana agar usus kita selalu sehat? Ikuti tips berikut, seperti dilansir laman Prevention:

BACA JUGA: Ini 5 Jurus Penangkal Kram Otot

1. Makanan organik

Sayuran yang ditanam di tanah yang sehat bisa memindahkan beberapa mikroba tanah yang beragam ke dalam tubuh kita membantu menjaga kesehatan.

BACA JUGA: Minum Kopi Sama Dengan Konsumsi Banyak Kalori?

2. Gandum

Prebiotik yang terdapat dalam quinoa, soba, oatmeal, pasta gandum dan beras merah sangat baik untuk mendorong pertumbuhan mikroba yang menguntungkan daripada biji-bijian olahan seperti tepung putih.

USDA merekomendasikan asupan 14 gram serat per 1.000 kalori yang dikonsumsi. Coba melengkapi diet Anda dengan roti gandum (yang berisi 3 gram serat per slice) dan makanan ringan serat tinggi, seperti apel mentah (3,5 gram serat per slice).

3. Coba makanan fermentasi

Dengan daftar bahan-bahan yang meliputi kultur aktif hidup, yoghurt memberikan Anda miliaran mikroba per porsi.

Makanan fermentasi yang tidak dipasteurisasi seperti kimchi, kefir, sauerkraut dan acar bisa membantu melindungi mikroba usus yang baik.

4. Hindari pemanis buatan

Bahan kimia dalam produk pemanis buatan mendesak keluar bakteri baik dan bisa menyebabkan diabetes serta penyakit terkait obesitas lainnya.

5. Dapatkan kotor

Studi yang dilakukan di Swiss pada 1990-an dan baru-baru dengan komunitas Amish Indiana menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh di peternakan kecil memiliki insiden lebih rendah dari alergi dan asma, mungkin karena binatang mendiversifikasi mikroba manusia. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penting Diketahui! Ini Tanda-Tanda Kanker Ginjal Menyerang Anda


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler