Cole Batal Dicekal

Rabu, 10 Oktober 2012 – 11:15 WIB
Ashley Cole. Foto: Getty Images
LONDON - Inggris menghadapi krisis pemain berpengalaman saat menghadapi San Marino di kualifikasi Piala Dunia 2014 (12/10). Kapten tim Steven Gerrard terkena skors, sedangkan Frank Lampard berjuang memulihkan cedera. Pelatih Inggris Roy Hodgson juga ditinggal John Terry yang pensiun (23/9) serta memilih mengabaikan Rio Ferdinand.
 
Ketika Ashley Cole tersandung kasus dengan FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris), daftar absen pemain senior Inggris terancam bertambah lagi. Lewat akun Twitter-nya, Cole tidak hanya mengritik FA karena meragukan kesaksiannya dalam kasus rasisme Terry. Bek kiri Chelsea itu juga memaki FA dengan sebutan "sekumpulan orang bodoh yang tidak kompeten".
 
Gara-gara ulahnya itu, Chelsea menghukum Cole berupa denda potong gaji dua pekan atau setara dengan GBP 240 ribu (Rp 3,7 miliar). FA juga telah mendakwa bek kiri 31 tahun itu bersalah karena komentar tidak sepatutnya di media sosial.
 
FA belum memutuskan jenis sanksinya karena menunggu respons Cole Kamis sore waktu setempat (11/10) atau sehari sebelum menghadapi San Marino di Stadion Wembley. Tapi, dugaan apabila sanksi itu adalah larangan Cole tampil kontra San Marino urung terjadi.
 
Itu setelah Chairman FA David Bernstein mengatakan bahwa Cole tetap berada dalam skuad Three Lions " sebutan Inggris " dalam dua laga kualifikasi ke depan. Selain menghadapi San Marino, Three Lions akan melawat ke Polandia (16/10).
 
"Dia diperkenankan membela timnas Inggris dalam laga ke depan. Tapi, apakah dia dimainkan atau tidak, bergantung kepada pelatih (Hodgson)," kata Bernstein kepada BBC.
 
Bernstein menambahkan, Cole juga sudah meminta maaf kepadanya baik melalui media sosial maupun bertemu langsung. "Dia mendatangi saya dan meminta maaf secara personal. Dia menunjukkan sebuah penyesalan dan benar-benar dari hati terdalam," jelasnya.
 
Kebijakan FA mengizinkan Cole tetap berada di skuad Three Lions tentu melegakan Hodgson. Sebagai antisipasi Cole dilarang tampil, Hodgson memanggil pelapisnya di Chelsea, Ryan Bertrand. Selain itu, masih ada bek kiri Everton Leighton Baines.
 
Keberadaan tiga bek kiri itu memunculkan spekulasi baru. Yakni, Hodgson mungkin tetap tidak memainkan Cole lawan San Marino alias menyimpannya untuk laga di Polandia. Selain pertimbangan teknis (lawan Polandia lebih berat dan away), Hodgson khawatir dengan faktor nonteknis seperti tekanan dari fans Inggris yang bisa diterima Cole di Wembley.
 
Apabila itu yang terjadi, skenario Cole meraih caps ke-100 pekan depan bisa berantakan. Saat ini, Cole sudah memainkan 98 laga bersama Three Lions alias butuh bermain melawan San Marino dan Polandia untuk menyandang status sebagai centurian.
 
Kalau salah satu laga meleset, Cole harus menunggu bulan depan (uji coba kontra Irlandia) untuk menjadi centurian. Itu pun dengan catatan dirinya juga masih dipanggil dan dimainkan. Berbeda dengan David Beckham yang menuai apresiasi dengan mengenakan ban kapten timnas kala memainkan laga ke-100, Cole sepertinya tidak akan mendapatkannya. "Saya ragu itu bisa terealisasi," tandas Bernstein. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... FIFA Akhirnya Akui Kemenangan PSSI Atas Brunei

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler