CSR & PDB Awards 2024 Bakal Digelar, Perusahaan Makin Semangat Membantu Masyarakat

Jumat, 29 September 2023 – 21:13 WIB
Ketua umum ISSF Sudarmanto. Foto: dok ISSF

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Social Sustainability Forum (ISSF) dan Kemendes PDTT, kembali akan menggelar CSR & PDB Awards yang ketiga pada 2024.

Ketua umum ISSF Sudarmanto menuturkan bahwa penilaian dalam Corporate Social Responsibility (CSR) & Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024 scoring akan ditingkatkan. 

BACA JUGA: Kemendes Minta ISSF Tak Hanya Fokus Pada Benefit BUMDes

Perusahaan atau organisasi lainnya yang akan ikut dalam ajang ini harus mencapai nilai minimumnya 90 atau 5 poin lebih tinggi dari tahun sebelumnya untuk mendapatkan kategori tertinggi.

"Pastinya scoring penilaian bagi perusahaan yang melaksanakan CSR dan berimbas pada PDB, cara menilainya akan kami tingkatkan, di mana juri penilai dari Kemenko PMK akan bertambah satu orang," ujar Sudarmanto dalam launching yang digelar di Hotel Aston, TB Simatupang Jakarta beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Menteri Desa dan ISSF Bicarakan Pengembangan BUMDes

Sudarmanto mengatakan akan ada juri yang menilai dampak positif dari CSR yang dilakukan bagi masyarakat sekitarnya dan perkembangan status desa dan BUMDes.

Pada CSR & PDB Awards 2024, ISSF berharap makin banyak korporasi maupun organisasi lainnya yang turut berpartisipasi.

"Karena perusahaan juga bisa membantu pemerintah dalam memajukan sebuah kawasan di pedesaan," ujarnya.

PT Arutmin Indonesia sebagai salah satu peserta yang hadir dalam Launching CSR & PDB Awards 2024 menyatakan sangat antusias untuk kembali mengikuti ajang tersebut. 

Community development koordinator Diana Puspita ajang ini dapat dipergunakan juga sebagai ajang evaluasi kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan.

"Awards ini menjadi penyemangat kami karena diberi penghargaan atas kinerja kami di lapangan. Kami akan membantu masyarakat lebih dari standar yang seharusnya," ungkap Diana.

Diana mencontohkan BUMDes di tanah laut yang ada di sekitar lokasi tambang yang dibina kini memiliki omzet mencapai Rp 7 miliar.

"Bisa membantu pembangunan desa dengan nilai tambah sebesar sebesar Rp 176 juta," ungkap Diana Puspita.

Setelah mendapatkan CSR & PDB awards sebanyak dua kali di tahun 2022 dan 2023, Diana mengaku optimis PT Arutmin Indonesia kembali akan mendapatkan awards di 2024 mendatang.

CSR & PDB Awards 2024 mendapat apresiasi positif dari Dirjen pengembangan ekonomi dan investasi desa daerah tertinggal dan transmigrasi Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini.

"Pembangunan desa tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah tetapi harus ada partisipasi perusahaan melalui dana CSR-nya. Apa yang dilakukan ISSF dengan menggandeng korporasi untuk terlibat didalam pembangunan desa bisa dibuktikan datanya bahwa ada kenaikan kuantitatif terhadap BUM Desa maupun status desanya," jelas Harlina.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
ISSF   CSR   Kemendes PDTT   Ekonomi   BUMDes  

Terpopuler