Cukup DP Rp 36 Juta, Wuling Air ev Bikin Bebas Khawatir Setiap Hari

Rabu, 08 Februari 2023 – 11:19 WIB
Wuling Air EV di jalan raya. Foto: Wuling

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah kebijakan telah dibuat pemerintah guna mendukung penggunaan kendaraan listrik.

Mulai dari menghapus pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) kendaraan bermotor berbasis listrik dan bebas ganjil genap.

BACA JUGA: Mobil Baru Wuling hingga ESEMKA Siap Ramaikan IIMS 2023, Cek Harga Tiketnya

Aturan bebas BBN-KB tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 3 Tahun 2020 mengenai Insentif Pajak Balik Nama Kendaraan Bermotor atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jakarta. Aturan ini berlaku hingga 31 Desember 2024.

Kebijakan khusus lainnya ialah kendaraan listrik bebas aturan ganjil genap di jalan Jakarta.

BACA JUGA: Cukup DP Rp 16,2 Juta, Wuling Formo Max Sudah Bisa Diajak Cari Cuan

Aturan tersebut tertuang dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap. Aturan ini merupakan revisi dari Pergub 155/2018.

Pemerintah daerah di luar Jakarta pun turut membuat kebijakan yang mendukung warganya beralih ke mobil listrik, dengan menawarkan berbagai kemudahan.

BACA JUGA: Penjualan Mobil Wuling Selama 2022 Terkerek 17 Persen

Selain ramah lingkungan, beberapa keuntungan tersebut sukses memicu masyarakat mulai melirik kendaraan listrik.

Satu pemain di industri kendaraan listrik, Wuling Motors misalnya sukses memasarkan produk elektrifikasi pertamanya, Air ev, di tanah air.

Mobil listrik mungil itu mampu merajai pasar battery electric vehicle (BEV) di Indonesia sepanjang 2022, mengalahkan Hyundai hingga Toyota.

Merujuk data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Air EV menyumbang 8.053 unit dari total penjualan mobil listrik nasional sebesar 10.327 unit.

Perinciannya, sebanyak 6.859 unit yang terjual merupakan Air ev tipe Long Range dan 1.194 untuk tipe Standard Range.

Kesuksesan itu tentu didukung oleh sejumlah keunggulan yang ditawarkan Wuling Air ev.

Dari sumber energinya, berasal dari listrik yang disimpan di baterai 115 Volt dan berkapasitas 17,3 kWh. Tipe Long Range dibekali baterai berkapasitas 26,7 kWh dengan kemampuan jelajah yang lebih jauh.

Wuling Air ev tipe Standard Range yang ditawarkan dengan harga Rp243 juta on the road DKI Jakarta, bisa dikemudikan sejauh 200 kilometer.

Adapun tipe Long Range mampu menempuh jarak 300 km, dan dibanderol Rp299,5 juta OTR DKI Jakarta.

Mobil listrik yang diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat tersebut juga mudah dikemudikan.

Memiliki dimensi panjang 2.974 milimeter, lebar 1.505 mm, tinggi 1.631 mm, serta jarak sumbu roda 2.010 mm, membuat Air ev mudah dan gesit diajak bermanuver di jalan.

Wuling juga melengkapi model itu dengan beragam teknologi canggih, mulai dari Internet of Vehicle, Wuling Indonesian Command, dua layar Integrated Floating Wide Screen berukuran 10,25 inci, Multifunction Steering Wheel, hingga Smart Start System.

Sementara itu, fitur keselamatannya dilengkapi dual airbag, ABS, EBD, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS, Rear Parking Sensor Camera, dan Immobilizer.

Soal pengecasan konsumen juga tak perlu khawatir, Wuling sudah membekalinya dengan sistem easy home charging yaitu Socket Box.

Pengguna hanya perlu mencolokkan pada sumber listrik melalui soket jenis AC GB/T, serta mampu meneruskan daya listrik sebesar 2.200 Watt.

Selain itu, Wuling Motors juga menyediakan charging pillar yang telah dilengkapi dengan charging gun, sehingga bisa langsung dicolokkan ke mobil listrik dan menyalurkan daya listrik hingga 7700 W.

Berkomitmen terhadap kenyamanan konsumen, Wuling memastikan kepada pemilik Wuling Air ev tidak perlu khawatir mengenai kualitas dari baterai lithium-ferro phosphate (LFP) IP67 certified yang dipasang, karena sudah melewati 16 model uji ketahanan.

“Baterai Air ev telah melewati berbagai pengujian, dengan hasil yang memuaskan. Pengujian tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan serta ketahanan baterai, dalam berbagai kondisi pengoperasian. Kami juga memberikan garansi baterai,” ujar Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, di Jakarta.

Perawatan Wuling Air ev juga terbilang hemat di kantong. Perhitungan biaya yang dikeluarkan hanya menghabiskan Rp3,9 juta untuk perawatan berkalanya (di luar pajak) hingga 100.000 km atau 5 tahun.

Dengan semua kelebihan tersebut, konsumen juga dengan mudah bisa memiliki mobil listrik termurah di Indonesia itu dengan memanfaatkan penawaran menarik yang diberikan, seperti uang muka hanya Rp 36 juta (OTR Jakarta) atau pilihan cicilan Rp 5 jutaan. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Livery Khusus di Wuling Air EV, Penuh Makna


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler