Cukup Rp 200 Ribu, Redpumpkin Generative AI Siap Jaga Data UMKM

Selasa, 04 Juni 2024 – 19:23 WIB
Ki-Ka: Partner Organization Leader, ASEAN at Amazon Web Services (AWS) Kirsten Gilbertson dan CEO dan Pendiri ICS Compute Budhi Wibawa di acara Media Briefing Peluncuran Redpumpkin Generative AI Assistant Platform ICS Compute, di Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (4/6). Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu tantangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk maju di era digital adalah sumber daya yang terbatas. Hal ini bisa diatasi dengan penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

"Biasanya tantangannya itu sumber daya yang terbatas, namun dituntut untuk memberikan layanan ke pelanggan dengan baik. Nah, solusinya penggunaan AI," kata CEO dan Pendiri ICS Compute Budhi Wibawa di acara Media Briefing Peluncuran Redpumpkin Generative AI Assistant Platform ICS Compute, di Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (4/6).

BACA JUGA: Command Center Bawaslu Diharap Pastikan Keamanan Data

Redpumpkin Generative AI Assistant Platform yang dibuat dengan menggunakan layanan Amazon Web Services (AWS) menurutnya mampu memberikan kemudahan dari sisi implementasi di bisnis UMKM, apalagi didukung performanya yang kuat. Harganya pun amat terjangkau dimulai dari Rp 200 ribu per bulan. 

"Ini menjadikannya ideal untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ingin berkembang. Dengan dana 200 ribu rupiah, UMKM sudah mendapatkan teknologi sangat canggih," ucapnya.

BACA JUGA: Synology Hadirkan Solusi Keamanan Data

Platform ini juga memastikan keamanan dan privasi data pelanggan dengan service level agreement (SLA) uptime terbaik dan menerapkan protokol backup serta pemulihan sesuai best practice. 

Platform ini juga dapat memproses teks, gambar, dokumen, dan URL, dan didukung berbagai jenis data seperti konten web (HTML), file teks (TXT, CSV, Markdown), PDF, file Microsoft Office (PPTX, DOCX, XLSX), dan transkrip YouTube.  Juga memungkinkan bisnis dapat melatih asisten virtual dengan data relevan untuk merespons pelanggan yang akurat melalui fitur "instruction atau prompting".

BACA JUGA: TSDN 2023 Hasilkan Inovasi dan Talenta Baru Penjaga Keamanan Data Indonesia

“ICS Compute juga menyediakan dukungan penuh dari konsultasi hingga training kepada para pelanggan sehingga dapat mengadopsi teknologi ini dengan mudah,” jelas Budhi. 

Teknologi Gen AI bisa diterapkan seperti ritel dan e-commerce, perhotelan dan pariwisata dengan layanan 24/7, kesehatan dengan jadwal dan pertanyaan umum, pendidikan dengan efisiensi administratif, keuangan dan asuransi dengan informasi real-time, serta dukungan teknis di manufaktur.

Sementara itu, Partner Organization Leader, ASEAN at Amazon Web Services (AWS) Kirsten Gilbertson menambahkan  Gen AI akan membuat waktu yang digunakan oleh manusia lebih efektif. Juga mendukung aktivitas yang dilakukan sehari-hari. 

"AI bisa bekerja sama dengan manusia dan mensupport kegiatan sehari-hari, apalagi ini ada fitur keamanan sehingga privasi terjamin," katanya. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler