Cuma Target Perak, Skuad Membengkak

Jumat, 15 Agustus 2014 – 04:01 WIB

JAKARTA - Penambahan jumlah kontingen sepak takraw mengalami penambahan paling banyak jelang Asian Games XVII Korsel September mendatang. Jika dalam Surat Keputusan (SK) 1 Februari lalu hanya 12 nama, enam putra dan enam putri, maka dalam proses entry by name ada 23 nama yang terdaftar.
    
Dengan jumlah tersebut, skuad sepak takraw menjadi cabang olahraga (cabor) paling gemuk. Padahal sebelumnya kuota kontingen terbanyak digunakan sepak bola (20 atlet) dan bulu tangkis (18 atlet). Sayangnya meski skuad besar, tak ada medali emas yang ditargetkan.
    
Dalam proyeksi medali oleh Satlak Prima di Incehon mendatang, sepak takraw hanya "berani" mengincar satu perak dan satu perunggu. Perak diharapkan didapatkan nomor tim putri. Lantas perunggu dari tim putra.
    
Koordinator cabor permainan Satlak Prima Mimi Irawan kemarin mengatakan dikabulkannya permintaan PB PSTI meloloskan banyak atlet didasari hasil try out terakhir pada Kings Cup di Thailand 3-8 Agustus lalu. Skuad Indonesia mendapat satu perak dan tiga perunggu.
    
"Peta persaingan di Kings Cup itu bisa dikatakan mini Asian Games. Negara-negara kuat Asia turun semua. Thailand, Myanmar, Tiongkok, Malaysia, dan Korsel ikut. Makanya ketika bisa perak, maka Satlak Prima memberikan lampu hijau," sebut Mimi.
    
Pada kejuaraan tersebut perak diraih tim putri. Lalu ketiga perunggu masing-masing disumbangkan tim putra, dobel putra, dan regu putri.
    
Di ajang Asian Games empat tahun silam di Guangzhou Tiongkok, sepak takraw Merah Putih mendapat dua perunggu. Yakni disumbangkan dari nomor tim putri dan dobel putra.
    
Sementara di SEA Games tahun lalu di Myanmar, sepak takraw Indonesia mendapat dua perak dan empat perunggu. Dua perak didapatkan dari tim putra dan dobel putra. Lantas perunggu dari dobel regu putra, tim putri, dobel tim putri, dan dobel regu putri.
    
Sementara itu kabid binpres Satlak Prima Johansyah Lubis ketika ditanya mengenai kebijakan penggemukan skuad sepak takraw enggan menjawab. Meski secara parameter medali, sepak takraw kurang menjanjikan podium utama. (dra)

BACA JUGA: PSSI Pastikan Posisi Indra Sjafri Masih Aman

BACA ARTIKEL LAINNYA... MU Tawarkan Hernandez Dalam Transfer Vidal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler