Daftarkan Dulu, Pengesahan Belakangan

Rabu, 13 Februari 2013 – 06:16 WIB
JAKARTA - Regulasi kompetisi di tanah air rupanya masih belum begitu tegas. Terbaru, disahkannya pemain Persib Bandung Sergio Van Dijk yang baru mendapatkan status WNI dan bisa langsung berkompetisi di Indonesia Super League (ISL) salah satunya.

PT Liga Indonesia sebagai pengelola ISL berdalih diterima dan disahkannya Sergio sebagai pemain Persib karena dia sudah didaftarkan sebelum pendaftaran pemain ditutup 18 Januari lalu. Namun, karena syarat administrative belum lengkap, Sergio akhirnya belum disahkan sebagai pemain Persib.

"Tapi, mereka sudah menyerahkan berkas kelengkapan sebagai pra syarat untuk disahkan ke PT LI. Karena itu, dia sduah sah menjadi pemain Persib dan bisa dimainkan," kata CEO PT LI Joko Driyono, Selasa (12/2).

Dengan bergabungnya pemain berdarah Indonesia-Belanda itu, Persib tetap bisa memainkan empat pemain asingnya. Sebab, status Sergio adalah pemain lokal. Bahkan, saat didaftarkan pun dia didaftarkan sebagai pemain lokal.

Nah, di sinilah ketegasan regulasi itu patut dipertanyakan. Pasalnya, belum juga status ke-WNI-an Sergio didapatkan, dia sudah diklaim dan didaftarkan sebagai pemain lokal. Saat disinggung hal ini, PT LI menyebut tidak masalah karena saat itu sudah ada kepastian akan status penyerang 28 tahun tersebut yang memang hanya tinggal menunggu disumpah.

Joko memaparkan jika aturan itu sudah diatur dalam regulasi kompetisi. Sayang, dia tidak bisa menyebutkan secara rinci di aturan pasal berapa dan bagaimana mekanismenya. "Tentu sudah diatur di regulasi. Banyak klub yang pemainnya berstatus seperti ini," terang lelaki asal Ngawi tersebut.

Masalah pengesahan pemain, menurut Joko ada entitas yang berbeda dengan pendaftaran. Setiap klub berhak mendaftarkan pemain, tapi untuk pengesahannya, operator kompetisi menunggu sampai berkas administratif untuk disahkan sudah diserahkan oleh klub yang bersangkutan.

Dia mencontohkan dengan Robertino Pugliara dan Erick Weeks Lewis. Robertino sebelumnya sempat didaftarkan oleh dua klub, Persiba Balikpapan dan Persija Jakarta. Namun, pemain itu akhirnya disahkan menjadi milik Persija karena klub itu yang mampu memenuhi kelengkapan adminsitratif.

Untuk Erick Weeks, pemain tersebut sampai saat ini sudah didaftarkan oleh Sriwijaya FC. Namun, dia belum disahkan karena masalah administrasinya belum dilengkapi oleh Laskawar Wong Kito, julukan Sriwijaya.

"Kalau dilengkapai (syarat administrasi) saat kompetisi belum jeda tengah musim, atau saat paro musim berjalan, dia tetap akan disahkan," tegasnya. (aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Baru Tiga Menit, Juve Bobol Gawang Celtic

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler