Dahlan Iskan Kagumi Istana Maimun

Senin, 01 Juli 2013 – 02:58 WIB
MEDAN - Menteri Negara (Meneg) BUMN Dahlan Iskan merasa kagum dan bangga dengan keberadaan bukti sejarah Istana Maimun. Untuk itu, warga Sumatera Utara dan Medan juga harus bangga karena memiliki salah satu cagar budaya tersebut yang harus dilestarikan.

"Istana ini merupakan satu-satunya istana kesultanan di Sumut yang selamat dari revolusi sosial pada tahun 1965. Harus ada niat serius dari masyarakat dan pemerintah untuk menjaga peninggalan sejarah ini," ujarnya saat mengunjungi Istana Maimun Sabtu (29/6).
 
Rasa bangga itu disampaikan Dahlan Iskan di hadapan Pemangku Adat Raja Muda Deli Tengku Hamdy Osman Delikhan, Wagub Tengku Erry Nuradi, Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin dan sejumlah undangan dalam acara silaturahmi di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan, Sabtu (29/3) sore.
 
Setelah selesai bersilaturrahmi dengan keturunan Sultan Deli, seperti biasa, kehadiran Dahlan Iskan menarik perhatian warga sekitar, dan keturunan Sultan yang tinggal di belakang istana. Tak pelak, warga berebut ingin bersalaman dan foto bareng dengan Dahlan Iskan.
 
Untuk kali pertama pria yang akrab disapa Pak Dis ini masuk ke Istana Maimun. Tak heran, bila mantan dirut PLN ini sangat semangat mengunjungi lokasi ini. "Kalau Masjid Raya saya sudah pernah kunjungi. Saya kagum akan isin Istana Maimun. Dengan kemewahannya, kesultanan Deli pasti sangat makmur kala itu," ujarnya.

Seperti diketahui, Istana Maimun dan Masjid Raya merupakan peninggalan Kesultanan Deli yang saat itu berjaya di Medan. Kedua bangunan bersejarah tersebut dibangun pada tahun yang sama. "Istana ini punya sejarah tersendiri dan merupakan istana satu-satunya yang selamat dari revolusi sosial. Beberapa istana lain dihancurkan oleh kelompok sayap kiri pada masa itu," ujar Dahlan Iskan.

Sementara Wagub Tengku Erry mengatakan, Istana Maimun layak mendapat perhatian dari semua kalangan agar tetap lestari. "Perlu perhatian serius terutama perawatan. Istana Maimun salah satu bukti sejarah yang masih tersisa. Tugas dan tanggungjawab kita bersama untuk melestarikannya," imbau Erry.

Sedangkan Plt Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, Pemko Medan akan terus berusaha menjaga keselestarian Istana Maimun. "Istana Maimun merupakan salah satu ikon Kota Medan. Pemko akan melestarikan Istana Maimun," kata Eldin. (ram)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pramono Edhie jadi Kader, Demokrat Dicap Partai Keluarga

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler