Dahlan Iskan Resmikan Mock Up Monorel di Monas

Sabtu, 22 Juni 2013 – 20:16 WIB
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan para Direktur Utama BUMN yang tergabung dalam konsorsium, resmi membuka pameran mock up monorel di Silang Monas, Jakarta, hari ini (22/6).

Peresmian pameran ini ditandai dengan penekanan sirene secara bersama-sama. Pameran mock up anak negeri ini diresmikan dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke 486, yang jatuh tepat pada hari ini.

Sebelum meresmikan, Dahlan mengajak seluruh dirut BUMN konsorsium untuk naik ke atas panggung. Dahlan mengaku sangat bangga akhirnya masyarakat bisa melihat hasil karya monorel buatan anak negeri.

"Ini adalah hasil dari kreasi BUMN konsorsium yang dipimpin oleh PT Adhi Karya. Sengaja kita sajikan di sini agar masyarakat bisa lihat dan masuk langsung ke monorel ini," ucap Dahlan saat memberikan sambutan di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (22/6).

Sebelumnya kata Dahlan, mock up monorel ini sudah diuji cobakan beberapa bulan lalu di Madiun, sehingga masyarakat tak perlu meragukan monorel buatan anak negeri ini.

"Kami sudah mencobanya di Madiun 3 bulan yang lalu, termasuk sistem tiketing," papar Dahlan.

Di tempat yang sama, Dirut Adhi Karya Kiswodarmawan berharap keberadaan monorel ini bisa membantu Jakarta untuk mengatasi kemacetan.

"Kami (BUMN konsorsium-red) bersama-sama membuat monorel ini. Insya Allah dapat membantu Jakarta dalam mengatasi kemacetan," harapnya.

Pameran mock monorel ini akan dibuka dari tanggal 22 Juni sampai 7 Juli 2013, mulai pukul 10.00-21.00 WIB dan terbuka untuk umum secara gratis.

Dalam pameran ini, setidaknya ada 3 jenis mock up monorel yang dipajang, yakni Mock Up monorel Jabodetabek atau Jakarta Link Transportation (JLT), Mock up Automatic People Mover System (APMS) khusus untuk menuju bandara dan Mock Up Monorel Automatic Container Transportation (ATC) untuk pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

BUMN konsorsium yang terlibat dalam pembuatan monorel ini yakni, Adhi Karya, INKA, LEN, Jasa Marga, Angkasa Pura II, Pelindo, dan Telkom Indonesia. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemda DKI Minta Angkutan Umum tak Naikkan Tarif

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler