Daihatsu Beberkan Cara Merawat Transmisi D-CVT, Mudah Banget

Senin, 29 Agustus 2022 – 16:41 WIB
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali melakukan edukasi kepada komunitas mobil pentingnya merawat transmisi D-CVT. Foto: dok Daihatsu

jpnn.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali melakukan edukasi kepada komunitas mobil pentingnya merawat transmisi D-CVT beberapa waktu lalu.

Acara tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan dasar seputar transmisi itu mulai dari pengertian, fungsi, mekanisme, hingga tips dalam perawatannya.

BACA JUGA: Daihatsu Pamer Ayla EV di GIIAS 2022, Bakal Dijual?

People Development Department Head CSVC PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Ben Faqih mengatakan transmisi merupakan salah bagian penting dari mobil karena berfungsi untuk meningkatkan kecepatan ataupun torsi.

"Oleh karena itu kami berinovasi dan meningkatkan kualitas produk yang salah satunya adalah komponen transmisi," kata dia dalam siaran persnya, Senin (29/8).

BACA JUGA: Penjualan Daihatsu Meningkat 38 Persen, 3 Mobil Ini Paling Laris

Menurut dia transmisi baru yang disebut “D-CVT” (Dual Mode Continuously Variable Transmission) memiliki keunggulan akselerasi lebih halus, rasio gigi lebih panjang, dan memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik.

D-CVT adalah transmisi yang memiliki mekanisme kerja menggunakan belt/pulley seperti CVT konvensional lainya.

BACA JUGA: Adu Banteng Toyota Fortuner vs Daihatsu Taft, Ngeri

Namun, yang berbeda kombinasinya dengan Planetary Gear.

Diketahui, saat ini ada beberapa tipe transmisi yang digunakan mobil-mobil di Indonesia seperti Manual, Automatic & CVT.

Penggunaan teknologi D-CVT juga tidak jauh berbeda dengan transmisi Automatic pada umumnya, seperti tuas transmisi pada posisi D (drive) untuk melaju dan R (reverse) untuk mundur.

Namun, pada transmisi Daihatsu Rocky dilengkapi posisi S (sport) yang berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi, juga posisi M (manual) yang memungkinkan driver dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual.

Sementara model Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake) untuk memaksimalkan engine brake ketika dalam kondisi jalanan menurun.

Merawat transmisi D-CVT juga terbilang mudah, cukup 2 hal yang harus di pastikan, yaitu melakukan pengecekan volume dan kualitas oli secara berkala.

Pengecekan itu bisa dilakukan setiap 20.000 KM atau 12 bulan, dan penggantian oli setiap 80.000KM atau 48 bulan.

“Kami berkomitmen selalu memberikan edukasi, salah satunya tentang teknologi terbaru Daihatsu kepada Sahabat Klub yang juga merupakan representasi pelanggan setia, sekaligus brand ambassador Daihatsu,” ujar Ben Faqih, People Development Department Head CSVC PT Astra Daihatsu Motor (ADM). (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daihatsu Sirion 2022 Resmi Mengaspal, Simak Nih Kebaruannya


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler