Damping UMKM Awards 2024, Danone Indonesia Dorong Pertumbuhan-Inovasi Usaha Kecil

Selasa, 06 Agustus 2024 – 17:30 WIB
Menyambut Hari UMKM Nasional, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Kampus Bisnis Umar Usman, dan didukung Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggelar Damping UMKM Awards 2024. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Menyambut Hari UMKM Nasional yang diperingati pada 12 Agustus, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Kampus Bisnis Umar Usman, dan didukung Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggelar Damping UMKM Awards 2024.

Ajang penghargaan ini bertujuan untuk menjaring dan mengapresiasi pelaku UMKM terbaik dari seluruh negeri yang telah berkreasi, berinovasi, menginspirasi dan memberikan dampak, serta memperkenalkan produk-produk unggulan mereka.

BACA JUGA: Danone Indonesia Berhasil Raih 3 Penghargaan Bergengsi di HR Excellence Awards 2024

Mengangkat tema “UMKM Berprestasi, Ciptakan Kolaborasi”, Damping UMKM Awards 2024 merupakan ajang penghargaan pertama kalinya yang dihelat oleh Damping, sebuah program yang diinisiasi oleh Danone Indonesia bersama Kampus Bisnis Umar Usman sejak 2020 yang berfokus pada pengembangan UMKM.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

BACA JUGA: Cara Danone Indonesia Melestarikan Sumber Daya Air di DAS Ayung Bali

Sebagai pilar penting pembangunan, UMKM berkontribusi besar bagi perekonomian bangsa.

Sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 61% atau senilai Rp 9.580 triliun, sementara kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 97% dari total tenaga kerja.

BACA JUGA: Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah

Bank Dunia pada 2023 memproyeksikan, dalam tiga tahun ke depan ekonomi Indonesia tumbuh lebih dari 0,1% setiap tahunnya, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia akan bertambah mencapai 83,3 juta pelaku pada 2034.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Danone atas inisiatif yang telah dilakukan seperti program Damping Awards 2024 karena telah memberikan motivasi bagi para pelaku UMKM untuk terus bertumbuh. Kami berharap, para pelaku UMKM yang telah bertumbuh tidak berhenti bertumbuh sendiri, melainkan juga berkenan untuk sharing dan melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM lainnya, karena berdasarkan data kami UMKM yang didampingi ini lebih punya peluang berhasil daripada yang tidak didampingi. Kami berharap, program pendampingan dapat membantu para pelaku usaha mikro meningkat menjadi pelaku usaha kecil. Dengan pertumbuhan tersebut, kami berharap para pelaku UMKM dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan Indonesia Emas” kata Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim mewakili Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Damping Awards 2024.

Sementara itu, Government & External Scientific Affairs Director Danone Indonesia Rachmat Hidayat mengatakan Damping adalah wujud komitmen Danone Indonesia dalam mendukung UMKM lokal untuk berinovasi dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, dengan memberikan akses ke sumber daya dan pengetahuan yang kami miliki.

"Hal ini sejalan dengan Danone Impact Journey, yang mana pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan salah satu pilar strategi keberlanjutan perusahaan. Sebagai bentuk apresiasi bagi UMKM kreatif dan berprestasi, kami bekerja sama dengan mitra memperluas dukungan kami bagi UMKM Indonesia dengan menyelenggarakan kegiatan Damping UMKM Awards 2024. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia, mendorong semangat berwirausaha serta meningkatkan daya saing para pelaku UMKM di tanah air,” kata Rachmat Hidayat.

Dia meyakini dukungan dan kolaborasi multisektor yang konsisten merupakan kunci untuk menciptakan ekosistem UMKM dan kewirausahaan yang kuat dan berkelanjutan.

"Melalui program pendampingan dan ajang penghargaan ini, Danone Indonesia ingin mendorong pertumbuhan ekosistem UMKM Indonesia dan melahirkan lebih banyak UMKM berprestasi dan berdaya saing tinggi. Dengan demikian kami dapat turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” sambung Rachmat.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Yulius menyampaikan upaya pemberdayaan UMKM tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga peran seluruh pihak dan stakeholder sangat dibutuhkan dan perlu diperluas.

"Melalui sinergi dan kolaborasi kita dapat memajukan UMKM secara berkelanjutan. Inisiatif yang dilakukan Danone Indonesia melalui program Damping and Damping UMKM Awards merupakan salah satu contoh konkret bagaimana pihak swasta dapat membantu UMKM lokal naik kelas, dengan memberikan pengakuan terhadap prestasi mereka dan memberikan dukungan yang mereka butuhkan untuk bersaing di pasar yang lebih luas,” katanya.

Konsisten terselenggara selama empat tahun, program Damping telah menyentuh lebih dari 8.900 orang penerima manfaat dan lebih dari 3.300 UMKM dari seluruh Indonesia mengikuti kelas pendampingan intensif oleh Damping.

“Melalui program Damping, kami menyediakan pendampingan dan pelatihan bagi UMKM untuk mengembangkan sumber daya manusia dan meningkatkan kapabilitas mereka, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis di era digital. Sejumlah kegiatan yang terselenggara di antaranya, pendampingan bisnis, webinar, serta edukasi dan penyediaan akses pasar melalui digitalisasi. Kampus bisnis Umar Usman sebagai institusi pendidikan melahirkan wirausaha baru, namun melalui Damping wirausaha ini dikembangkan,” ujar Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Umar Usman Asep Hendriana.

Kali ini, sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap pertumbuhan UMKM, Damping menyelenggarakan Damping UMKM Awards 2024.

Ajang penghargaan ini, selain memberikan pengakuan kepada UMKM yang berprestasi, juga membuka peluang bagi UMKM untuk berjejaring dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan komunitas lokal.

Damping UMKM Awards 2024 memberikan penghargaan kepada UMKM berprestasi dan inovatif dalam beberapa kategori, yaitu UMKM Berdampak Positif, UMKM Terinovatif, UMKM Inkubator Terbaik, dan Wirausaha Muda Inspiratif. Berikut daftar UMKM pemenang penghargaan di setiap kategori:

? UMKM Berdampak Positif Kategori Kuliner: Lapak Cindo
? UMKM Berdampak Positif Kategori Non Kuliner: Kampoeng Anyaman
? UMKM Terinovatif: Bosteak
? UMKM Inkubator Terbaik: Legend Tren
? Wirausaha Muda Inspiratif: Kalapa Klopo. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aqua Selalu Menjaga Kualitas Produknya Agar Memenuhi Standar Keamanan Pangan


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler