Dana Otsus Pendidikan Mulai Dicairkan

Selasa, 14 Agustus 2012 – 05:04 WIB
TIMIKA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mimikamenyalurkan dana Otonomi Khusus (Otsus) berupa perlengkapan sekolah, kepada puluhan SD dan SMP yang ada dipedalaman, daerah terpencil, daerah sangat jauh dan daerah pesisir pantai.

Dengan menggunakan dana Otsus tahun 2012 sekitar Rp 1 miliar lebih, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memfokuskan bantuan ini kepada murid-murid asli Papua, yang memang sebagian besar bersekolah yang sangat jauh dari jangkauan Kota Timika.

Penyerahan bantuan perlengkapan sekolah yang menggunakan dana Otsus tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas P dan K, Ausilius You, SPd MM didampingi Kepala Bidang Kebudayaan, Thomas Mutaweyau, dan Kasubag Umum dan Program, Stevanus Rahayaan di SD dan SMP Negeri Ayuka di Distrik Mimika Timur Jauh.

Kepala Dinas P dan K, Ausilius You, SPd MM kepada Radar Timika, Senin (13/8) usai menyerahkan bantuan mengatakan, pihak Pemda menyalurkan bantuan perlengkapan sekolah ini, merupakan bentuk kepedulian dan perhatian serius dari pemerintah terhadap pengembangan mutu pendidikan untuk anak-anak asli Papua.

Adanya penyaluran perlengkapan sekolah dengan menggunakan dana Otsus tahun anggaran 2012 ini juga kata You,untuk membuktikan bahwasanya dana Otsus khususnya untuk bidang pendidikan memang benar-benar dirasakan oleh orang-orang asli Papua, yakni murid-murid Papua yang sebagian besar bersekolah di pedalaman.

“Bantuan ini kami berikan dengan tujuan untuk peningkatan mutu murid-murid Papua, dengan bantuan ini kami harap mereka dapat bersaing di era kompetensi ini,” ujar You.

Dengan adanya bantuan ini, anak-anak juga diharapkan tidak lagi minder dengan murid-murid lainya yang ada di Timika. Ketika murid-murid yang ada di Timika menggunakan baju seragam yang baik, murid-murid yang ada di pedalaman juga harus menggunakan baju seragam yang sama dengan murid-murid yang ada di kota. Bantuan ini, kata You nantinya dapat memberikan motivasi kepada murid-murid agar tetap bersemangat sekolah.

Dikatakan You, untuk menyalurkan perlengkapan sekolah, yakni dana untuk pengadaan pakaian seragam sekolah mulai dari topi, dasi, baju seragam, rok dan celana, kaos kaki, serta sepatu untuk 54 SD dan 7 SMP, digunakan dana sebesar kurang lebih Rp 1 miliar. Sedangkan untuk menyalurkan buku-buku tulis serta peralatan tulis lainya yakni pensil, pena dan penggaris untuk 44 SD dan SMP digunakan dana sebesar kurang lebih Rp 600 juta.

Dijelaskan You, setelah didistribusikan secara simbolis untuk SD-SD dan SMP yang ada di Mimika Timur Jauh, maka pihak Pembuat Pelaksana Kegiatan akan langsung mendistribusikan berbagai perlengkapan sekolah dan alat-alat tulis ini ke beberapa distrik lainnya. Distrik-distrik yang menjadi sasaran pemberian bantuan ini yakni di Ayuka (Distrik Mimika Timur Jauh), Mimika Timur, Mimika Barat, Mimika Barat Tengah, Mimika Barat Jauh, Jila, Tembagapura, Agimuga dan Jita.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri Ayuka, Soter Mayau, SSos memberikan apresiasi terhadap pemberian bantuan dari dana Otsus ini. Pihaknya kata Soter sudah beberapa tahun terakhir mendapatkan bantuan perlengkapan seragam, maupun perlengkapan belajar dari pemerintah.

Bantuan yang semua akan disalurkan kepada murid-muridnya ini kata Soter sangat berguna, untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para murid yang asli Papua agar dapat bersekolah setiap harinya. “Bantuan ini sangat berguna sekali agar para murid dapat lebih termotivasi untuk belajar dan datang kesekolah,” jelas Soter.

Senada dengan hal itu, Kepala Sekolah SMP N Ayuka, Korneles Sangur juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pihak pemerintah yang sudah memperhatikan murid-murid Papua yang bersekolah di pedalaman. (tri)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tunjangan Ngadat, Guru Ancam Mogok

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler