Dari Benteng Rossoneri ke Juru Strategi

Selasa, 20 Maret 2012 – 11:00 WIB

MASIH ingat dengan legenda kuartet pemain belakang AC Milan di awal dekade 1990-an? Dari bek kanan Mauro Tassotti, duet palang pintu pertahanan Franco Baresi dan Alessandro "Billy" Costacurta, serta bek kiri Paolo Maldini. Christian Panucci juga kerap mengisi posisi Tassotti.
 
Nah, dari kelima nama mantan benteng Milan tersebut, tiga orang sudah menjajal dunia kepelatihan seusai pensiun. Tassotti paling awal dengan menjabat staf pelatih Milan sejak 1997 sampai sekarang. Baresi mengikutinya pada 2002, dan disusul Billy yang menangani Mantova pada musim 2008-2009.
 
Nah, kemarin (19/3), Panucci juga ikut menjajal profesi sebagai juru strategi. Panucci yang membela Rossoneri -sebutan Milan- selama tiga tahun (1993-1996) bergabung dengan staf kepelatihan Palermo. Belum ada pengumuman resmi dari Palermo.
 
Namun keterangan datang dari Panucci sendiri. "Itu memang benar. Saya akan berada di staf kepelatihan Palermo. Saya hanya tinggal teken kontrak," kata pria 38 tahun itu seperti dilansir La Gazzetta dello Sport.
 
Yang jadi pertanyaan, apa jabatan resmi Panucci di Palermo? Itu mengacu pernyataan pelatih Palermo Bortolo Mutti yang menyatakan bahwa jabatannya sebagai allenatore masih aman-aman saja. Rosanero -sebutan Palermo- juga tidak dalam posisi buruk di klasemen Serie A alias di peringkat kesepuluh.
 
Panucci gantung sepatu 22 Agustus 2010 dengan klub terakhirnya adalah Parma. Selain Milan dan Parma, pemilik 57 caps dan empat gol bersama timnas Italia itu pernah merumput untuk Inter Milan, Chelsea, Real Madrid, dan AS Monaco.
 
Jika Panucci memilih memulai karir kepelatihan di Italia, Maldini sebaliknya. Sebagaimana kabar yang beredar sejak awal tahun, Maldini tengah dalam proses menjadi staf pelatih Paris Saint-Germain (PSG). Maldini diproyeksikan mengisi posisi asisten pelatih khusus pertahanan.
 
Maldini sebelumnya mengatakan, dirinya mempertimbangkan bergabung dengan PSG karena tidak mendapat tawaran dari Milan. Lagipula, di klub asal ibu kota Prancis tersebut, pria yang kini berusia 43 tahun itu akan bergabung dengan dua mantan Milan, pelatih Carlo Ancelotti dan direktur olahraga Leonardo. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Khawatir Seperti Muamba, Pemain Spurs Cek Jantung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler