Darurat Kebakaran di Australia, 200 Rumah Lebih Dilalap Api

Minggu, 20 Oktober 2013 – 17:36 WIB
Kebakaran hebat yang sudah melululantahkan New South Wales, Australia. FOTO: cnn.com

NEW SOUTH WALES -  Kebakaran besar di negara bagian New South Wales, Australia telah melalap lebih dari 200 rumah. Kebakaran ini menjadi yang terburuk dalam satu dekade terakhir.

Tadi pagi, pemerintah New South Wales telah mengumumkan status darurat kebakaran. Status darurat diumumkan, mengingat cuaca panas dan angin kencang yang bisa mengobarkan api dalam beberapa hari ke depan.

Kepala pemerintahan New South Wales, Barry O'Farrell mengatakan, pihaknya akan melakukan tindakan darurat untuk mengatasi kebakaran selama 30 hari ke depan. Termasuk langkah pemadaman energi listrik dan gas apabila dibutuhkan.

"Kami mempersiapkan untuk situasi terburuk, tetapi kami berharap untuk yang terbaik," ujarnya seperti dikutip dari BBC, Minggu (20/10).

Wilayah terparah yang dilalap api berada di kawasan semak-semak Blue Mountains di daerah barat Sidney. Titik api di wilayah tersebut masih berkobar dan saat ini petugas pemadam kebakaran berupaya mengendalikan api. Para penduduk yang tinggal di sekitar Blue Mountains juga telah diminta untuk mengevakuasi diri.

Titik api lainnya berada di daerah semak dekat kota Lithgow. Area kebakaran di daerah ini dikhawatirkan akan terus meluas dan bisa mengancam wilayah Sidney.

Akibat kebakaran ini, ratusan penduduk telah kehilangan rumah. Kebakaran juga menewaskan seorang pria yang diduga mengalami serangan jantung saat mencoba mengamankan rumahnya yang terbakar. (dil/jpnn)

BACA JUGA: Sultan Sulu Jamalul Kiram III Meninggal Dunia

BACA ARTIKEL LAINNYA... Transaksi Narkoba, Keliru SMS Polisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler