Data Insight: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Teratas, Tembus 35,6%

Sabtu, 10 Februari 2024 – 23:47 WIB
Capres pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo memakai kaus clean government pada saat kampanye dj Semarang. Dok: tim media GP.

jpnn.com, JAKARTA - Tingkat keterpilihan atau elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar Prabowo dan Mahfud MD menduduki peringkat teratas.

Hal ini terpotret dalam hasil survei Indonesia Data Insight pada Februari 2024

BACA JUGA: Inilah Maklumat Ganjar-Mahfud Jelang Pencoblosan 14 Februari

"Simulasi elektabilitas pasangan capres dan cawapres dengan model pertanyaan tertutup, pasangan Ganjar-Mahfud lebih unggul," kata Direktur Eksekutif sekaligus Peneliti Senior di Lembaga Indonesia Data Insight (Id-Insight) John Muhammad di Jakarta, Sabtu (10/2).

Elektabilitas Ganjar-Mahfud memperoleh sebesar 35,6%. Sementara itu, Prabowo-Gibran di angka 33,8% dan Anies-Muhaimin 26%. "Tidak Tahu atau tidak jawab 4,6%,"katanya.

BACA JUGA: Ganjar Kenang Perjuangan Dono Warkop dengan Kenakan Kaus Clean Goverment

Hasil survei juga mencatat sejumlah ketidakpuasan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Sekitar 42,12% responden menilai presiden gagal menciptakan lapangan kerja, 21,21% menilai presiden terlibat praktik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memuluskan putranya, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai cawapres.

Kemudian, 10,52% menganggap presiden kurang tegas dalam pemberantasan korupsi; 6,92% responden tidak suka presiden karena konsisten antara pernyataan dan perbuatan; lain-lain sebesar 8,46%, dan ketidakpuasan penuh 10,77%.

BACA JUGA: Menjelang Pencoblosan Pemilu 2024, Ganjar-Mahfud Ungkap Maklumat, Begini Isinya

"Selain itu, responden meyakini bahwa presiden tidak netral dan berpihak sebesar 67,2%, sementara yang yakin tidak berpihak 24,5%," ungkap John Muhammad.

Untuk diketahui, survei Indonesia Data Insight dilakukan pada 1-8 Februari 2024. Jumlah responden survei 1.200 orang, margin of error 2,83% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%. (dil/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler