Deddy Corbuzier Sulit Jalani Rumah Tangga

Sabtu, 23 Maret 2013 – 09:56 WIB
PERNIKAHAN mentalis Deddy Corbuzier dengan Kalina Oktarani rupanya sudah berakhir sejak tiga bulan lalu. Hubungan rumah tangga yang mereka rajut selama delapan tahun itu kandas setelah ada putusan di pengadilan negeri Jakarta Utara. 'Saya dan Kalina sudah bukan suami istri sejak 31 Januari di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Jadi sudah tiga bulan ini,' ujar Deddy kepada wartawan, di Pancoran, Jakarta, Kamis (21/3) malam.

Pemilik nama lengkap Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo itu mengaku pihaknya tidak menutupi kabar tersebut. 'Kami tidak menutupi dari masyarakat, hanya saja buat kami hal tersebut tak patut dibanggakan atau diumbar, itu privacy,' kata pria berkepala plontos itu.

Lebih lanjut, host Hitam Putih itu menjelaskan, proses perceraian yang mereka lalui tidaklah sebentar. 'Prosesnya cukup lama, sekitar enam bulan. Kita tidak mau masyarakat spekulasi apa yang terjadi. Belakangan banyak yang bertanya hubungan seperti apa, daripada membohongi masyarakat,' jelasnya.

Pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1976 itu membantah jika perceraian mereka dikarenakan adanya pihak ketiga. Menurut Deddy, permasalahan mereka sudah berlangsung sejak dua tahun lalu. Beberapa tahun lalu, Deddy dan Kalina memang sempat mengajukan gugatan cerai, namun batal. Dia mengaku ada beberapa perbedaan yang membuat mereka harus berpisah. Perbedaan yang dimaksud, menurut Deddy, tidak termasuk perbedaan agama antara dia dan Kalina.

'Sebelum nikah saya sudah tahu agama kami beda. Tapi, perbedaan prinsip yang lain itu banyak sekali. Saya nggak suka film yang dia suka, saya nggak suka lagu yang dia suka, saya juga nggak suka bergaul. Saya nggak punya teman,' tuturnya.
Dia pun menegaskan, tidak ada perebutan atas hak asuh anak mereka, Azkanio Nikola Corbuzier. Keduanya tetap mengurus anak mereka bersama-sama, meski bukan suami-istri lagi. 'Hak asuh anak ada di kedua belah pihak, dan tidak ada masalah dengan anak, tidak ada masalah dengan pihak ketiga, kita baik-baik saja,' kata pemain film Sanubari Jakarta.

Deddy mengungkapkan, menjalani rumah tangga bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak sekali ego yang harus dipatahkan demi keutuhan rumah tangga. 'Saya punya idealisme yang tinggi, mungkin tidak semua orang cocok dengan saya, Kalina selama ini sudah menjadi istri dan ibu yang luar biasa,' kata pemain sinetron Raja Sulap itu.

Terkadang, lanjutnya, idealisme itulah jadi masalah. 'Kalina mencoba bertahan dengan saya dan keluarga. Hidup dengan saya bukanlah hal yang mudah, karena saya tidak seperti orang Indonesia kebanyakan,' akunya.

Deddy pun mengaku, selama delapan tahun menikah dirinya sama sekali tak pernah membaur bersama teman-teman Kalina. 'Selama ini teman Kalina tak satupun ada yang saya ajak bicara. Saya lebih suka di rumah, baca buku, dengan kehidupan saya sendiri. Saya memang seperti itu,' kata juri Indonesia Mencari Bakat itu.

Deddy pun mencontohkan hal sepele yang biasanya memicu masalah. 'Contohnya saya harus kuliah S3, dan meninggalkan keluarga, terus jadi ribut. Saya insomnia, saya nggak pernah tidur sampai jam 6 pagi, dan bangun minimal jam 8 pagi, setiap hari, jadi ribut karena nggak pernah tidur di kamar,' kata pria yang suka menggunakan kostum serba hitam itu.

Bagi Kalina sendiri, harus berpisah dengan pria yang sudah memberinya satu anak itu bukanlah hal yang mudah. Apalagi dirinya juga dibesarkan dari keluarga yang tidak utuh. 'Saya adalah produk broken home. Saya tidak mau anak saya mengalami hal seperti saya. Saya tidak mau Azka yang kena dampaknya. Saya tidak mau melihatnya berpikir papa mamanya tiap hari bertengkar,' kata wanita bertubuh kurus itu.

Meski sudah tidak menjadi suami-istri, aku Deddy, mereka tetaplah keluarga. 'Menurut saya bagian anak tidak bisa diambil. Tetap keluarga, tetap sayang, saya juga masih gandengan sama Kalina. Anggap aja saya pacaran lagi. Kita saling support, tidak ada ribut-ribut, walau ada masalah dan sebagainya itu sudah lewat,' ucapnya.

Kalina berusaha bijak, dia menganggap saat ini yang terbaik adalah berpisah. 'Rasa cinta itu masih ada. Pacaran selama empat tahun dan menikah selama delapan tahun bersama Deddy Corbuzier bukan hal yang gampang dilupakan begitu saja. Tapi kalau diteruskan akan saling menyakiti, tapi kapanpun anak kami butuh papanya atau mamanya, kami ada,' imbuhnya.

Keduanya membenarkan bahwa apa yang dilakukan sekarang butuh perjuangan besar. 'This is not an easy thing to do,  sampai kita bisa ngomong seperti sekarang, sampai kita bisa menemukan jalan ini, itu sulit sekali. Makanya baru ngomong sekarang,' pungkas Deddy. (dew)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tampung Anak Berbakat di Bidang Musik

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler