Delapan Manfaat Sehat dari Buah Mangga

Rabu, 04 Mei 2016 – 14:17 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - MANGGA, buah ini memang sudah tidak asing lagi. Buah mangga tidak hanya enak dikonsumsi dan menyegarkan, tapi juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir laman Care2, Selasa (3/5).

1. Mencegah kanker.

BACA JUGA: Cara Merawat Kulit Untuk Usia 50 tahun

Penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga mampu untuk melindungi usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat serta mengandung enzim yang melimpah.

2. Menurunkan kolesterol.

BACA JUGA: Yuk, Kenali Aroma Asli Aromaterapi dan Manfaatnya

Tingkat tinggi serat, pektin dan vitamin C membantu menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Density Lipoprotein.

3. Membersihkan Kulit.

BACA JUGA: Ini Manfaat Produk Kecantikan Berbahan Aromaterapi

Bisa digunakan baik secara internal maupun eksternal untuk kulit. Mangga ternyata bisa membantu pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan jerawat.

4. Meningkatkan kesehatan mata.

Satu cangkir irisan mangga mengandung 25 persen dari nilai harian yang dibutuhkan vitamin A, yang mempromosikan penglihatan yang baik dan bisa mencegah kebutaan dan mata kering.

5. Mengatasi diabetes.

Daun mangga membantu menormalkan kadar insulin di dalam darah. Caranya adalah dengan merebus daun mangga dalam air, dibiarkan semalaman. Kemudian minum air rebusan daun mangga, yang lebih dulu disaring di pagi hari.

Buah mangga juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah (41-60), sehingga jumlah moderat tidak akan meningkatkan kadar gula Anda.

6. Meningkatkan pencernaan.

Serat dalam mangga juga bisa membantu memperlancar pencernaan.

7. Membantu memerangi sakit stroke.

Jus buah dari mangga hijau bisa membantu untuk mendinginkan tubuh dan mencegah bahaya dari overheating.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jumlah melimpah vitamin C dan vitamin A dalam mangga ditambah 25 jenis karotenoid, bisa menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap sehat dan kuat.(fny/chi/jpnn)

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Alasan, Mengapa Produk Kosmetik non Halal Harus Dijauhi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler