Demi Adipura, Saluran Mulai Dikeruk

Senin, 22 Oktober 2012 – 03:49 WIB
PEMKOT Jakarta Pusat terus berbenah menyambut penilaian piala adipura. Saluran air yang dipenuhi sampah dan lumpur, di Jalan Irian, Kelurahan Serdang Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, dikeruk, akhir pekan lalu.

Kegiatan pengerukan saluran yang mengerahkan ratusan warga dan aparat tersebut dipimpin langsung Wakil Wali Kota Jakpus H Fatahillah dalam aksi kerja bakti massal warga Kemayoran. "Jangan biarkan sampah numpuk. Sebelum musim hujan, semua saluran harus sudah bebas dari sampah," ujarnya didampingi Seko Jakpus Bambang Musawardana, Camat Kemayoran Marhayadi dan Asisten Lingkungan Hidup Eldi Andi.

Tak hanya saluran air yang dibersihkan, sejumlah jalan lingkungan, permukiman warga, taman hingga pasar pun tak luput dari aksi kerja bakti massal yang mengerahkan sekitar 650 warga, Satpol PP, Koramil, Sudin PU Air, Sudin PU Jalan, Sudin Kebersihan, Sudin Pertamanan, dan Sudin Damkar tersebut.

Fatahillah meminta sebelum intensitas hujan semakin meningkat, kondisi lingkungan di wilayah Kemayoran harus sudah bersih. Terutama sampah dan lumpur yang berada di saluran-saluran air. "Proses penilaian Adipura 2013 sudah dimulai dan kita harus mempersiapkan lingkungan sebersih mungkin," tukasnya.

Karenanya dia meminta agar pengelola pasar Serdang benar-benar memperhatikan kebersihan lingkungan. "Kondisi lorong Pasar Serdang yang becek dan kotor perlu segera ditangani agar pada penilaian adipura mendatang, Kemayoran tetap menjadi wilayah dengan poin penilaian tertinggi di wilayah Jakpus," lanjutnya.

Sementara itu, Camat Kemayoran Marhayadi mengatakan, di wilayahnya ada 12 titik poin penilaian adipura. Di antaranya kantor kecamatan, puskesmas, pasar, sekolah, stasiun kereta dan beberapa permukiman warga.

Area-area tersebut selama ini mendapat perhatian utama dalam hal kebersihan dan penghijauan. "Tanpa ada adipura, kami pun tetap menjaga kebersihan lokasi-lokasi tersebut karena bersih merupakan bagian dari upaya kami menyehatkan dan menghijaukan lingkungan," imbuhnya. (dew)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dilarang BBM-an, Istri Gugat Cerai Suami

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler