Demi Ambisi Temani Jepang

Kamis, 15 November 2012 – 12:41 WIB
HWASEONG - Jepang telah memastikan diri sebagai negara pertama yang memastikan lolos ke Piala Dunia (PD) 2014. Nah, negara berikutnya yang berpotensi menyusul Jepang bisa jadi kembali dari Asia. Kandidatnya adalah Australia yang menempati posisi kedua di bawah Jepang (grup B) atau Korea Selatan atau Korsel yang tengah memuncaki klasemen grup A.
 
Korsel merupakan negara yang selalu setia menemani Jepang lolos ke putaran final PD sejak edisi 1998 di Prancis. Sedangkan Australia selalu lolos dalam dua edisi terakhir dengan catatan masih tercatat sebagai anggota Konfederasi Sepak Bola Oceania (OFC) kala tampil di PD 2006.
 
Korsel maupun Australia sama-sama tidak bertanding di kualifikasi pertengahan pekan ini. Kesempatan itulah yang dimanfaatkan kedua tim untuk mengasah kekuatan dalam friendy match di Hwaseong tadi malam. Hasilnya, Socceroos " julukan Australia " unggul 2-1.
 
Tuan rumah unggul dulu melalui striker veteran Lee Dong-gook pada menit kesebelas. Tapi, Australia     bisa menyamakan kedudukan sebelum turun minum via Nikita Rukavytsya. Robert Cornthwaite memastikan kemenangan Socceroos tiga menit sebelum bubaran.
 
Dalam laga tersebut, kedua tim sama-sama menyimpan sebagian besar kekuatan utamanya. "Saya akan berusia 35 tahun dua tahun lagi. Tapi, saya masih mampu bermain di level Piala Dunia apabila Korsel lolos ke Brasil dan saya menjadi bagian di dalamnya," kata Lee sebagaimana dilansir di situs resmi KFA atau federasi sepak bola Korsel.
 
Sedangkan pelatih Australia Holger Osieck mengatakan, kemenangan atas Korsel membuatnya semakin yakin dengan kemampuan skuadnya lolos dari kualifikasi. "Saya percaya dengan kemampuan skuad yang kami miliki saat ini untuk memenuhi target lolos ke Brasil," kata Osieck seperti dilansir Football Australia.
 
Perlu dicatat, dalam laga tadi malam, Osieck sengaja tidak memanggil beberapa bintang Eropa yang dimiliki Socceroos. Di antaranya Brett Holman dan Chris Herd (Aston Villa), James Troisi (Atalanta), dan Robbie Kruse (Fortuna Duesseldorf). Gelandang Dynamo Moskow yang semula dipanggil juga menarik diri karena cedera.
 
Osieck bahkan menurunkan tiga muka baru. Yakni, striker 20 tahun yang memperkuat Red Star Belgrade, Eli Babaij, bek kiri 21 tahun Aziz Behich (Melbourne Hearts), serta gelandang serang 19 tahun Tom Rogic (Central Coast Mariners). "Saya puas melihat performa para debutan," ucap pelatih berkebangsaan Jerman itu. (dns)

Wakil Asia di Piala Dunia

2014*: Jepang
2010: Jepang, Korsel, Australia, Korut
2006: Jepang, Korsel, Australia, Iran, Arab Saudi
2002: Jepang, Korsel, Arab Saudi, Tiongkok
1998: Jepang, Korsel, Arab Saudi, Iran
*)Dalam progres
BACA ARTIKEL LAINNYA... Belum Bicara Pencoretan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler