Demi Masa Depan, Masih Bermain Punya Lisensi Pelatih

Selasa, 09 Januari 2018 – 07:58 WIB
Ponaryo Astaman. Foto: Kaltim Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Beberapa pemain memutuskan mulai menyiapkan karir pascapensiun dengan mengikuti program lisensi pelatih. Musim ini, ada beberapa pemain aktif yang sudah pegang lisensi pelatih.
---
Ponaryo Astaman layak menjadi role model bagi para pemain yang telah memasuki usia di atas 30 tahun.

Musim lalu ketika dia masih bermain membela Borneo FC, mantan gelandang timnas Indonesia itu telah memegang lisensi A AFC. Itu artinya, dia berhak melatih klub Liga 1.

BACA JUGA: Sudah Punya SSB, Atep Kejar Lisensi C AFC

Ya, pada Juli lalu, dia telah mengikuti program lisensi A AFC bersama beberapa pelatih. Dia menjadi yang termuda dan masih bermain di klub level teratas tanah air.

Bersama dia, ada beberapa mantan pemain, seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Nova Arianto, Francis Wewengkang, Seto Nurdiantoro, hingga Yeyen Tumena.

BACA JUGA: Mereka, Tua-tua Keladi di Liga 1 Musim Ini

Karena telah memiliki lisensi A AFC, begitu memutuskan pensiun pada akhir musim lalu, dia tak lagi bingung akan masa depan karir.

Borneo pun memutuskan dia terpilih untuk menangani klub berjuluk Pesut Etam tersebut pada turnamen pramusim Piala Presiden 2018 ditemani Kurniawan.

BACA JUGA: Ponaryo Astaman Latih Borneo FC di Piala Presiden 2018

Dengan lisensi yang telah dipegangnya, maka sangat terbuka baginya untuk melatih klub Liga 1 pada musim-musim mendatang.

Langkah Ponaryo itu diikuti beberapa pemain yang masih aktif. Meski masih berjibaku di lapangan, mereka telah memegang lisensi, meski rata-rata lisensi C AFC.

Firman Utina merupakan salah satu di antaranya. Bahkan, musim ini dia telah dipercaya sebagai asisten pelatih di Bhayangkara FC menemani Simon McMenemy.

”Rencananya saya akan terus upgrade lisensi pelatih. Tahun ini, semoga bisa ambil B AFC sembari belajar tahun depan coba kejar A AFC,” katanya.

Meski sudah berstatus asisten pelatih, Firman masih tergabung dalam skuad berjuluk The Guardian itu sebagai pemain. Jadi, kalau dibutuhkan McMenemy, dia bisa turun lapangan.

”Mungkin arahnya seperti mas Bima Sakti sewaktu di Persiba Balikpapan,” sebut ayah dua anak itu.

Banyak hal yang ingin dia pelajari. Salah satunya yakni dalam menangani berbagai macam karakter pemain yang ada di Indonesia.

Sebab, bagi Firman, menjadi pelatih tidak hanya pandai merancang strategi di atas lapangan. Lebih lanjut, dia melihat kemampuan menangani psikologi pemain juga cukup penting.

Selain Firman, Ismed Sofyan juga telah mengantongi lisensi C AFC. Bek berusia 38 tahun itu mendapat dukungan penuh dari manajemen Persija Jakarta untuk meningkatkan lisensinya.

Bahkan, ada pembicaraan tentang kemungkinan dia melatih di Persija pada masa datang.

”Itu masih sebatas omongan. Saya sendiri masih mau bermain sembari belajar melatih,” ujar bek kanan itu.

Selain mereka berdua, ada dua eks Arema FC yang baru saja mendapatkan lisensi C AFC, yakni Arif Suyono dan Ahmad Bustomi.

Mereka berdua kini membela Mitra Kukar. Dukungan dari klub yang dibela juga memudahkan pemain mendapatkan lisensi pelatih. Sebab, sang pemain harus izin ketika program pelatihan dilaksanakan.

Arif dan Bustomi mendapatkan lisensi C AFC ketika masih membela Arema. Menurut Media Officer Arema FC Sudarmaji, dukungan klub berjuluk Singo Edan itu kepada pemain mengambil lisensi karena sejalan dengan visi klub. Sebab, dengan begitu mereka nantinya bisa melatih di akademi Arema.

Apalagi, ke depan, klub Liga 1 diwajibkan untuk memiliki elite pro academy. Akademi seperti itu akan ditangani oleh pelatih yang memiliki lisensi C AFC.

Selain itu, klub juga kudu memiliki kompetisi berjenjang di level muda. ”Muaranya di timnas. Timnas harus diambil dari pemain produk kompetisi,” kata Sudarmaji. (nap/rid/ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Borneo FC Turunkan Tim Lapis 2 di Piala Presiden


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler