Demokrat Buka Pintu Koalisi di Pilgub Kalbar

Selasa, 20 Maret 2012 – 22:23 WIB

JAKARTA – Sejumlah nama calon gubernur (cagub) yang mendaftar di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Kalimantan Barat (Kalbar), Senin (19/3), harus menunggu keputusan Majelis Tinggi partai berlambang bintang mercy itu. Pasalnya, keputusan akhir ada di Majelis Tinggi partai yang secara otomatis diketuai oleh Ketua Dewan Pembina Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
      
"Kalau penentuan cagub Partai Demokrat di semua daerah sama, termasuk Kalbar, tergantung Majelis Tinggi Partai Demokrat," kata Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) PD, Saan Mustofa, menjawab JPNN, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (20/3).
      
Nama-nama yang mendaftar itu adalah Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kalbar yang juga Gubernur, Cornelis, Ketua DPD PD Kalbar Suryadman Gidot, bekas Bupati Kapuas Hulu Abang Tambul Husin, Bupati Sintang Milton Crosby, bekas Bupati Sambas Burhanudin Abdullah, Ketua Yayasan Universitas Panca Bhakti (UPB) Suhardi Dharmawan, Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar Christiandy Sanjaya dan bekas Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII Tanjungpura, Armyn Angkasa Alianyang.
      
Saan mengatakan, sejauh ini belum ada nama-nama cagub yang masuk ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PD. Dijelaskan, nantinya kalau sudah ada masuk, nama-nama yang mendaftar itu akan diserahkan kepada Majelis Tinggi PD yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
      
"Nama yang masuk nanti diserahkan dan dibahas di Majelis Tinggi Partai Demokrat," kata Anggota DPR, itu. Ia menambahkan, dari nama-nama yang masuk itu nantinya akan diseleksi termasukl calon incumbent yang juga kader PDI Perjuangan.
      
"Biasanya dilihat dari hasil survei, proses dan macam-macam. Baik eskternal dan internal, prosesnya sama," kata dia.
      
Apakah ada peluang PD akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilgub Kalbar? Saan mengatakan Demokrat tidak pernah menutup pintu kepada partai manapun untuk membangun koalisi.
      
"Yang penting punya semangat untuk membawa Kalbar lebih baik. (Dengan PDI Perjuangan)  tidak ada masalah. Dengan siapapun kita koalisi yang penting punya kesamaan," katanya.
      
Begitu juga apakah nanti Partai Demokrat akan mengusung Christiandy yang notabene sekarang adalah pengurus Partai Demokrat Kalbar, Saan kembali menegaskan, "Nanti kita lihat. tergantung Majelis Tinggi."
      
Terpisah, Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo juga mengakui belum menentukan keputusan calon yang bakal diusung di sebagai Cagub Kalbar. “Belum ada keputusan atau rekomendasi dari DPP (PDI Perjuangan)," kata Tjahjo, menjawab JPNN, Selasa (20/3) di Jakarta.

Ketika ditanya soal pendaftaran Cornelis yang ikut daftar di DPD Demokrat Kalbar yang mengarah pada koalisi PDIP-Demokrat, Tjahjo belum bisa memastikan. "Ya, saya belum tahu. Akan saya tanyakan dulu kepada Ketua DPD (PDI Perjuangan) Kalbar," kata Anggota Komisi I DPR, itu. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Didik J Rachbini Direstui Hatta Radjasa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler