Demokrat Tak Mau Netral Lagi

Senin, 16 Juli 2018 – 18:50 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menghadapi Pilpres 2019, Partai Demokrat memastikan tidak akan mengulang strategi empat tahun lalu. Dalam Pilpres 2014 lalu, partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memilih netral alias tidak mendukung calon presiden Joko Widodo maupun Prabowo Subianto.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan partainya juga tidak merasa terlambat meski sejumlah partai sudah menyatakan mendukung salah satu capres untuk pilpres 2019.

BACA JUGA: Anies Baswedan Tolak Disebut Sowan ke Elite Parpol

"Sama sekali tidak. Karena pilpres 2019 agak beda dengan 2014. Nanti kami akan menentukan sikap apakah bergabung dengan koalisi pemerintah atau koalisi Gerindra, PKS dan sebagainya," kata Syarief di gedung DPR, Jakarta, Senin (16/7).

Yang jelas, Syarief berujar, komunikasinya dengan pihak pemerintah maupun koalisi Gerindra tetap terus berjalan. "Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi akan menentukan sikap ke mana," ungkap anggota Komisi I DPR itu.

BACA JUGA: Catat, Akan Ada Kejutan dari Pertemuan SBY dan Prabowo

Dia menegaskan, dengan adanya partai-partai yang sudah menentukan sikap duluan sekarang ini tidak mengurangi posisi tawar Partai Demokrat.

Menurut dia, partainya tidak pengin keliru dalam memberikan dukungan, termasuk yang paling krusial adalah penentuan cawapres.

BACA JUGA: Gerindra, PKS dan PAN Baru Satu Suara soal Capres

"Yang menentukan itu siapa cawapresnya, sehingga kalau salah satu koalisi menentukan cawapres yang keliru, jadi koalisi yang lain akan menang," paparnya.

Karena itu, Syarief yakin posisi tawar Partai Demokrat akan semakin kuat, bukan malah lemah. "Karena kami memiliki tokoh yang bisa mendongkrak tokoh yang kami dukung," ungkap Syarief. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rahmat Gobel Masuk Daftar Caleg NasDem


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler