Dengar Keresahan Produsen Tahu, Fery Farhati: Insyaallah, Pak Anies Berpihak

Selasa, 05 Desember 2023 – 05:39 WIB
Istri Anies Baswedan, Fery Farhati mengunjungi Komunitas Produsen Tahu Cibuntu, Bandung, Jawa Barat. Foto: dok TIMNAS AMIN

jpnn.com, BANDUNG - Istri Anies Baswedan, Fery Farhati mengunjungi Komunitas Produsen Tahu Cibuntu, Bandung, Jawa Barat. Kedatangan istri capres nomor urut 1 ini untuk mendengar aspirasi para pembuat tahu di Kota Bandung.

Kedatangan Fery disambut meriah rombongan marawis. Fery didampingi oleh Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI sekaligus istri mantan Gubernur Ahmad Heryawan, Netty Prasetiyani dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Yudi.

BACA JUGA: Anies Prihatin Rumah Rengasdengklok Tak Diberi Bantuan Pemerintah

Setibanya di lokasi, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) periode 2017-2022 ini langsung berdialog dengan pedagang tahu.

Sembari berjalan kaki menyusuri gang-gang, Fery menyapa dan bersalaman dengan warga.

BACA JUGA: Datangi Pasar Baru Karawang, Anies Baswedan Didoakan Para Pedagang

Ada sejumlah pesan yang disampaikan masyarakat yang mayoritas bekerja di rumah produksi tahu ini, salah satunya memperhatikan para perajin tahu dengan menjaga stabilitas harga kedelai.

"Saya mah minta diperhatikan para perajin tahu, kalau ada kenaikan kedelai itu selalu ada masalah," kata H. Dadang salah seorang perajin tahu.

BACA JUGA: Anies Berjanji Hapus Ketimpangan Antara Sekolah Negeri dan Swasta

Dia mengatakan harga kedelai yang terus menanjak akan menyusahkan para pembuat tahu. Mereka tidak bisa berbuat banyak dalam kondisi tersebut.

Sebagian perajin tahu menyiasati keadaan dengan mengecilkan ukuran meski kerap mendapat komplain dari pembeli

"Para pedagang mengeluh jual di lapangan susah, jadi otomatis para perajin tahu harus dikecilin," jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga meminta agar capres dan cawapres yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai NasDem ini memberdayakan ibu-ibu agar tidak bekerja di pabrik lagi melalui UMKM.

Sementara itu, Fery Farhati menyampaikan bahwa pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau AMIN sedang berikhtiar untuk menghadirkan Indonesia yang adil makmur untuk semua termasuk bagi perajin tahu.

Pendiri Ibu Ibukota ini menuturkan, Anies Baswedan selalu berpihak kepada rakyat kecil, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan penyandang disabilitas.

"Untuk pengusaha apalagi yang namanya petani dan peternak itu yang menjadi narasi paling sering dibicarakan oleh Pak Anies. Mereka yang menyediakan makanan di piring-piring kita di rumah-rumah kenapa hidupnya tidak sejahtera. Karena itu kita harus bantu supaya mereka bisa nabung, bisa sejahtera," ujarnya.

Ke depan, katanya, pasangan AMIN akan berkomitmen untuk memudahkan penyediaan pupuk, bibit, hingga kedelai.

Fery meyakini, Anies Baswedan akan memenuhi janji-janji kampanye. Hal ini sudah dilakukan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Insyaallah Pak Anies adalah orang yang selalu berpihak kepada masyarakat banyak," bebernya.

Sentra tahu yang berada di Kelurahan Warung Muncang, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung ini sudah ada sejak tahun 60-an. Hingga kini berdiri kurang lebih 100 pabrik tahu rumahan di kawasan tersebut. (jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler