Der Panzer Gilas Portugal 1-0

Minggu, 10 Juni 2012 – 04:36 WIB

LVIV — Jerman akhirnya memimpin perolehan poin sementara Grup B bersama Denmark yang sebelumnya mengalahkan Belanda. Jerman kini menyamai poin Denmark setelah mengalahkan Portugal 1-0 dalam laga yang berlangsung ketat Minggu (10/6) dini hari. Satu-satunya gol lahir di menit 73 lewat tandukan Mario Gomez.

Tampil di Arena Lviv,  Kota Lviv, Ukraina, pelatih Joachim Low menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan menempatkan penyerang Bayern Munchen, Mario Gomez sebagai ujung serangan. Gomez dikawal trio Mesut Ozil, Lukas Podolski dan Muller. Di belakang mereka ada Bastian Schweinsteiger bersama  gelandang bertahan Real Madrid Sami Kheidira.

Sementara sang kapten Lahm mengawal barisan belakang bersama Boateng, Hummels, Badstuber dan Neuer di bawah mistar gawang.

Di sisi lain pelatih Portugal, Paulo Bento menerapkan formasi 4-3-3 dengan trisula Ronaldo, Nani dan Postiga di barisan depan. Nama lain yang diturunkan Bento dalam starting eleven-nya adalah  Kiper Rui Patricio bersama empat jangkar Joao Pereira, Pepe, Bruno Alves dan Coentrao. Di lapangan tengah ada Miguel Veloso, Moutinho dan bintang Chelsea, Raul Meireles.

Jerman  yang datang ke stadion ini sebagai tim yang lebih diunggulkan, mengambil inisiatif serangan sejak awal-awal  menit pertama. Menit ke dua misalnya  umpan Boateng berhasil disundul Gomez di areal kotak terlarang. Namun sayang Rui Patricio berhasil menyelamatkan gawangnya.

Portugal yang berada dalam serangan Der Panzer berupaya melakukan serangan balasan melalui counter attack yang dimotori Cristiano Ronaldo. Namun  Lahm dan kawan-kawan masih terlalu tangguh membentengi pertahananya.

Sementara itu di pihak Jerman, serangkaian peluang muncul dari suplai bola yang terus menerus dikirim kreator serangan mereka Mesut Ozil. Tapi peluang demi peluang tersebut kandas karena penuntasan akhir yang tak sempurna oleh Podolski, Gomez dan Muller.

Bahkan peluang terakhir mereka di babak pertama nyaris saja membuka kemenangan. Namun sepakan Muller masih melebar dari gawang Portugis.  Alhasil hingga menit akhir babak pertama skor 0-0 menjadi hasil sementara.

Memasuki babak kedua, baik Jerman maupun Portugal belum terlihat melakukan pergantian personil. Namun Jerman lebih dulu mengambil inisiatif serangan.  Seperti awal babak pertama Ozil Cs kembali mengendalikan pertandingan. Namun sejumlah peluang yang hadir tak mampu dituntaskan menjadi gol.

Demikian halnya serangan balik cepat yang dikembangkan Ronaldo dan kawan-kawan, mengancam jala Neuer. Namun  Dewi Fortuna belum merestui serangkaian anak-anak semenanjung Iberia ini. Akselerasi mereka ke dalam barisan pertahanan Jerman belum juga  berbuah gol.

Melihat kondisi ini menit ke 69 pelatih Joachim Low nampak mempersiapkan  bomber veteran Miroslav Klose untuk menggantikan Gomez yang masih saja mandul. Namun beberapa menit sebelum pergantian itu Gomez berhasil menunaikan tugasnya dengan menyarangkan sebuah gol lewat tandukan keras yang tak mampu dijangkau kiper Portugal. Gol ini lahir dari umpan manis yang dikirimkan Sami Khedira di menit ke 73. 1-0 untuk keunggulan Jerman.

Usai tertinggal satu gol, Portugal meningkatkan ritme serangan. Ronaldo dan kawan-kawan  terus menerus membombardir pertahanan Jerman untuk menyamakan kedudukan. Namun sayang hingga peluit panjang bertiup skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Jerman. Dengan kemenangan ini Jerman kini memimpin perolehan poin sementara grup B bersama Denmark yang mengumpulkan masing-masing tiga poin. Sementara Belanda dan Potugal berbagi tempat di dasar klasmen dengan poin nol. (zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Babak I, Denmark Unggul 1-0 atas Belanda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler