Derby Andalas Momen Spesial Bagi Masyarakat Sumbar

Jumat, 15 Juli 2016 – 19:28 WIB
Pemain Semen Padang sedang latihan. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - PADANG — Selain bertajuk Derby Andalas, pertandingan pekan ke-10 Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang mempertemukan Semen Padang FC kontra Sriwijaya FC di Stadion H Agus Salim, malam ini, pukul 21.00 WIB (siaran langsung SCTV), bakal menjadi momen special bagi masyarakat Sumbar. 

Betapa tidak, kedua tim nantinya bakal saling beradu dengan mantan penggawanya masing-masing. Setidaknya ada lima pemain di kubu kedua tim yang pernah menjadi bagian di tim lawan.

BACA JUGA: Ambisius, KONI Kepri Diminta Realistis soal Target Medali di PON

Di kubu tamu, ada tiga nama eks Semen Padang. Mereka adalah Eka Ramdani, Airlangga Sucipto, dan Yu Hyun Koo. Sementara dua pemain tuan rumah yang juga tercatat pernah memperkuat Laskar Wong Kito Galo (julukan Sriwijaya FC), yaitu Rivky Mokodompit dan Vendry Mofu. Fakta tersebut bakal menjadi jaminan, jika laga nanti malam akan berjalan menarik dan keras. Ditambah lagi, kedua tim tengah berada dalam performa terbaiknya.

Semen Padang sebagai tuan rumah, meski harus menelan kekahalan di pertandingan terakhir kala bertandang ke markas Arema, dipastikan bakal menjaga kegarangannya ketika bermain di markas sendiri. Sejauh ini, Kabau Sirah (julukan Semen Padang) juga tercatat sebagai satu-satunya tim di ISC A yang belum terkalahkan di kandang.

BACA JUGA: Ronaldo Pamer Mobil Baru, Ini Fotonya

Sebaliknya, Sriwijaya FC mungkin saja akan menjadi ujian terberat Semen Padang untuk mempertahankan rekor sempurna di kandang hari ini, dibandingkan empat tim sebelumnya. Betapa tidak, Laskar Wong Kito Galo datang ke Padang untuk mempertaruhkan statusnya sebagai peringkat kedua papan klasemen sementara. 

Itu atas hasil satu kali kalah dari lima pertandingan terbaru. Kekalahan terakhir Firman Utina dkk, terjadi ketika bertandang ke markas Persegres Gersik United pada 12 Juni lalu. Kemudian, tiga pertandingan setelahnya, tim asuhan Widodo C Putro selalu berhasil memetik tiga poin.

BACA JUGA: Kabar Kepindahan Higuain ke Juventus, Wakil Presiden Napoli: Itu Bohong!

Meski sadar kekuatan lawan yang kali ini hadir di Stadion Agus Salim bisa saja memutus rekor empat kemenangan beruntun Semen Padang di kandang, namun Pelatih Kepala Semen Padang, Nil Maizar menegaskan, saat bermain di kandang sendiri, seluruh timnya akan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik mereka demi bisa meraih poin maksimal.

“Tak ada tawar-menawar, poin maksimal menjadi target kami saat menjamu Sriwijaya FC,” tegas pelatih berlisensi A AFC itu.

Di sisi lain, Kabau Sirah juga diuntungkan dengan suntikan tenaga ekstra atas kembalinya sayap lincah asal Medan, Sumut, Riko “Ucok” Simanjuntak yang kembali merumput setelah di pertandingan sebelumnya harus absen karena akumulasi kartu. Dengan kecepatan yang dimiliki Ucok, dia berharap, mensuplai bola untuk duet penyerang andalan Semen Padang, M Nur Iskandar dan Marcel Silva Sacramento bisa membuka kesempatan untuk mencetak gol saat bertarung di Stadion terbesar di Ranah Minang nanti.

Di sisi kiri, Irsyad Maulana yang sebelumnya sempat mengalami cedera ringan di sesi latihan kemungkinan, juga masih menjadi andalan. Akselerasi dan cannon ball-nya dari luar kotak penalti diharapkan mampu menjadi solusi ketika para penyerang menemui kebuntuan.

Untuk jantung permainan, duet Vendry Mofu bersama Mekan Nasyrov masih akan menjadi tumpuan tim dalam menggalang serangan dan juga memutuskan aliran bola Sriwijaya FC.

Sementara, kuartet lini belakang juga tidak akan mengalami banyak perubahan. Handi Ramdhan, Cassio Fransisco De Jessus, dan Novan Setya Sasongko masih akan menjadi penyangga utama. Dan begitu juga di sektor penjaga gawang yang akan kembali dipercayakan kepada Rivky Mokodompit, yang juga merupakan mantan pemain Sriwijaya FC.

Menghadapi mantan timnya yang pernah memberikan kesempatan besar kepada Rivky, di mana saat itu dia berhasil menyingkirkan penjaga gawang utama Sriwijaya FC, Ferry Rotinsulu, pemain bernomor punggung 33 itu sudah menyatakan tekadnya untuk konsisten menjaga keperawanan gawang Semen Padang sampai 90 menit.

“Saya respect terhadap Sriwijaya, tapi pada pertandingan nanti saya akan berusaha sekuat tenaga melindungi gawang saya. Namun bagaimanapun, kemenangan tetap lebih berharga daripada rekor pribadi,” ujarnya seraya mengaku optimis Semen Padang akan mampu meraup tiga poin pada pertandingan nanti malam.

Sriwijaya FC sendiri pada pertandingan malam nanti tidak akan bisa memainkan penjaga gawang andalannya, Teja Paku Alam. Absennya Teja sedikit banyak tentunya akan memberikan pengaruh terhadap lini pertahanan tim asal Sumsel. Pasalnya, sampai pekan ke-10, penjaga gawang yang juga berasal dari Sumbar ini, tercatat sebagai penjaga gawang dengan penyelamatan terbanyak di ISC A, yaitu sebanyak 36 kali penyelamatan.

Namun begitu, Widodo C Putro selaku arsitek mengaku sudah menyiapkan penjaga gawang pengganti, yaitu Yogi Triana atau Try Hamdani Goentara.

“Teja tidak main, tim sudah siapkan dua kiper pengganti yang memiliki porsi latihan yang sama. Nanti kami akan lihat siapa yang paling siap,” kata Widodo yang belum mau membeberkan nama penjaga gawang yang nantinya diturunkan pada Derby Andalas hari ini.

Selain harus kehilangan Teja, Widodo juga tidak bisa memainkan Ahmad Juprianto yang tidak ikut ke dalam 20 rombongan pemain yang di boyong ke Padang. Namun demikian, Widodo tetap optimis timnya akan mampu menunjukkan penampilan terbaik untuk bisa meraih hasil maksimal pada laga nanti.

Terkait keberadaan tiga mantan penggawa Semen Padang di timnya, Widodo belum mau memastikan apakah Airlangga Sucipto, Eka Ramdani, dan Yu Hyun Koo bakal diberi kesempatan untuk kembali bermain di hadapan publik Ranah Minang yang pernah sangat memuja para pemain tersebut.

“Untuk mantan pemain Semen Padang yang ada di Sriwijaya kami akan lihat dulu kondisi terakhir mereka, juga kebutuhan taktik. Hal itu menjadi pertimbangan tim pelatih sebelum memutuskan untuk memainkan mereka atau tidak,” ujarnya.

Memiliki rekor sempurna di tiga pertandingan terakhir, termasuk ketika menjalani partai tandang ke markas Persija Jakarta, kemungkinan Widodo masih akan mempercayakan lini serang timnya kepada duet asingnya, Hiton Moreira dan Alberto Goncalves yang sampai pekan kesembilan ISC A.

Sementara untuk gelandang, pengalaman Firman Utina masih akan diandalkan. Dua sayapnya yakni Yohanis Nabar dan Ichsan Kurniawan dipastikan bakal menjadi teror tersendiri untuk kedua sisi pertahanan Kabau Sirah. Yu Hyun Koo yang notabene eks pemain Semen Padang, hampir dipastikan  akan diberikan tugas memutus serangan sebelum masuk lini pertahanan timnya.(y/ray/jpnn)

Perkiraan susunan pemain

Semen Padang  4-4-2

Rivky Mokodompit (GK), Hengki Ardiles (K), Cassio Fransisco De Jessus, Handi Ramdhan, Novan Setya Sasongko; Riko “Ucok” Simanjuntak, Mekan Nasyrov, Vendry Mofu, Irsyad Maulana; M Nur Iskandar, Marcel Silva Sacramento   

Pelatih: Nilmaizar

Sriwijaya FC        4-4-2

Yogi Triana (GK), Supardi Nasir, Marucio Maciel, Fachrudin, Zalnando; Yohanis Nabar, Yu Hyun Koo, Firman Utina (K), Ichsan Kurniawan; Hilton Moreira, Alberto Goncalves.

Pelatih: Widodo C Putro

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lorenzo Jatuh Berguling-guling, Iannone Tercepat, Rossi Keempat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler