Detik - Detik Insiden Marquez - Vinales di Q2 MotoGP Amerika

Minggu, 22 April 2018 – 10:42 WIB
Marc Marquez. Foto: Gold and Goose/LAT Images

jpnn.com, TEXAS - Marc Marquez kehilangan posisi start paling depan di MotoGP Amerika 2018, usai mendapat penalti turun tiga posisi.

Dalam kualifikasi kedua (Q2) yang merupakan kualifikasi utama di Circuit Of The Americas, Austin, Texas, Minggu (22/4) dini hari WIB, Marquez sejatinya mencatatkan waktu paling tajam dua menit 3,658 detik.

BACA JUGA: Pole tapi Kena Penalti, Marquez Start ke-4 di MotoGP Amerika

Namun, Si Bayi Alien dianggap menggangu laju rider Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Insiden Marquez - Vinales terjadi usai Marquez terjatuh dan kemudian mengganti motornya.

BACA JUGA: Andrea Iannone Pimpin 10 Rider ke Q2 MotoGP Amerika

Marquez melambat dan tampak mengusik laju Vinales yang kebetulan sedang dalam waktu terbaiknya. Usai Q2, Marquez mengaku tidak tahu Vinales di belakangnya. "Saya menunggu (Andrea) Iannone, karena saya berharap banyak mendapat slipstream dari Iannone. Dia pembalap paling cepat kemarin," tutur Marquez dalam jumpa pers.

"Saya melihat dia dan saya tidak menunggu atau mengharapkan Maverick (Vinales). Saat mendengar suara mesin di belakang, saya pindah. Namun sepertinya itu menggangu putaran dia," imbuh Marquez.

BACA JUGA: Marc Marquez Paling Kencang di FP3 MotoGP Amerika

Race direction menilai Marquez melanggar pasal 1.21.2 dari FIM World Championship Grand Prix Regulation. "Pada Turn 15 ditemukan pembalap dengan cara yang tidak bertanggung jawab melambat di racing line dan mengganggu pembalap lain. Untuk alasan itu, dianggap terjadi pelanggaran serius. MotoGP Stewards Panel memutuskan Anda (Marquez) kena penalti grid turun tiga posisi," bunyi hukuman buat Marquez.

Marquez Si Penguasa Austin (lima pole dan lima juara) itu tak bisa berkata lain. "Oke, saya kehilangan empat meter di grid. Saya masih mendapat waktu lap tercepat dan penghargaan pole," ujar Marquez.

Sementara Vinales menilai Marquez terlalu memikirkan diri sendiri. "Dia hanya fokus pada dirinya sendiri. Saat itu saya mencoba meningkatkan ritme dan gaya membalap," singkat Vinales.

Dengan penalti Marquez, Johann Zarco yang di Q2 menempati posisi keempat, naik satu tempat bergabung bersama Iannone (P2) dan Vinales (P1). Sementara Marquez harus start di posisi keempat, di samping Valentino Rossi yang berada di posisi kelima. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lihat! Marc Marquez Catat Kecelakaan Pertama Musim Ini


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler