Di Luar Dugaan, Hyundai Sulap Mobil Van Mahir Ngepot

Senin, 21 Oktober 2019 – 13:23 WIB
Hyundai iMax N, mobil jenis van yang mahir ngepot. Foto: Hyundai

jpnn.com - Selepas hot-hatch i30 N dan Veloster N, ramai ditunggu-tunggu i20 N dan Tucson N. Namun ternyata divisi Hyundai N mengambil langkah lain. Tentu ini tidak biasa.

MPV medium jenis van, Hyundai iMax atau dikenal Grand Starex, yang justru menjadi proyek selanjutnya para insinyur di divisi Hyundai N.

BACA JUGA: Hyundai Tucson N Line Tawarkan Sensasi Berbeda

Menariknya, bukan sekadar memoles iMax N memiliki aura sporty, tetapi divisi N meraciknya agar mumpuni diajak ngepot (drifting). Di luar kebiasaan bukan?

Konsep di luar kebiasaan itu tentu tidak untuk diniagakan. iMax Drfit garapan divisi N Hyundai di Australia ini sebatas menjadi unit pamer di kejuaraan balap drift, World Time Attack Challenge (WTAC), di Sydney Motorsport Park, Australia.

BACA JUGA: Hyundai i30 N Project C, Versi Hardcore dari i30 N

Seperti model N yang lain, iMax N ini turut hadir dengan warna bodi "Performance Blue" yang sama seperti di monil WRC i20 N. Ia kemudian turut diberikan splitter di bumper depan, serta komponen aftermarket milik Nissan GT-R R35.

BACA JUGA: Konsep Mobil Listrik Hyundai Debut di Frankfurt Motor Show 2019

Beralih ke belakang, Hyundai mengadopsi desain bumper i30 N yang juga sudah diaesuaikan. Termasuk lencana "N" sebagai penanda khusus.

Adopsi komponen dari i30 N juga masih menjalar ke kaki-kaki. Pelek 19 inci Performance Package lengkap dengan ban Pirelli P Zero 235/35R19. Sistem pengereman juga sudah cakram 4 piston, sedangkan bagian belakang masih tromol.

Masuk ke dalam kabin, iMax N masih mempertahankan konfigurasi 8 kursi, hanya saja bagian depan sudah diubah jok bergaya sport. Setir dan pedal juga mengambil milik i30 N.

Bukan saja tampilan, iMax N juga mendapat penyempurnaan di pwrforma, terutama kemampuan menari di atas aspal.

Mesin 2.5-liter turbodiesel dipensiunkan, diganti dengan V6 3.5-liter yang disuntikkan turbo ganda. Tak ayal, tenaganya menjadi 402 Hp dan torsi 555 Nm.

Tenaga melimpah disalurkan ke roda belakang, melalui transmisi otomatis 8-peecepatan. Tidak lupa pula, sistem suspensi elektronik dan unit differential guna menunjang iMax N ngepot tanpa rasa khawatir.

Klaim Hyundai Australia, van dengan berat 2.2 ton ini mampu dipecut dari 0-100 kpj dalam waktu 5 detik. Mau mencoba? (mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler