Di Matteo Calon Pelatih Terbaik Dunia

Rabu, 31 Oktober 2012 – 10:32 WIB
SUKSES Roberto di Matteo memenangi Liga Champions dan Piala FA bersama Chelsea musim lalu menuai apresiasi dari FIFA. Otoritas sepak bola Dunia itu mengganjar Di Matteo sebagai salah satu calon pelatih terbaik dunia (Ballon d"Or) 2012.

Di Matteo bersanding dengan sembilan pelatih top lainnya. Di antaranya entrenador Spanyol Vicente del Bosque, Jose Mourinho (Real Madrid), Roberto Mancini (Manchester City), serta mantan pelatih Barcelona yang sekaligus juara bertahan Pep Guardiola.

Tak ketinggalan rival Di Matteo dalam laga dini hari nanti, Sir Alex Ferguson (Manchester United). Sebagai catatan, tahun lalu, Ferguson memang kalah bersaing dengan Guardiola. Tapi, pelatih 70 tahun itu dianugerahi Presidential Award atas dedikasinya bagi dunia sepak bola.

Sebagai catatan, penghargaan untuk pelatih terbaik dunia baru dibuat dua tahun terakhir. Sebelum Guardiola, pemenanga sebelumnya atau edisi 2010 adalah Mourinho.

Sepuluh calon itu akan mengerucut menjadi tiga kandidat untuk bersaing dalam seremoni di Kongresshaus, Zurich, pada 7 Januari tahun depan. Pemenang bakal dipilih pelatih dan kapten timnas, serta jurnalis olahraga dari negara anggota FIFA.

Lantas, bagaimana Di Matteo menanggapi terpilihnya dia sebagai nomine pelatih terbaik dunia ? "Ini sungguh luar biasa. Saya merasa terhormat berada di antara pelatih hebat," kata pelatih 42 tahun itu seperti dilansir di situs resmi klub.

Terpilihnya Di Matteo sekaligus membuat Italia menempatkan tiga calon. Selain Di Matteo dan Mancini, juga allenatore timnas Italia Cesare Prandelli. Hanya Jerman yang menyaingi Italia dengan menyertakan nama der trainer timnas Jerman Joachim Loew dan ditemani Jupp Heynckes (Bayern Munchen) serta Juergen Klopp (Borussia Dortmund).

Sementara untuk pemain, sudah bisa ditebak apabila Spanyol paling banyak menempatkan wakilnya menyusul keberhasilan timnas Spanyol menjuarai Euro 2012. Tercatat, ada tujuh pemain La Furia Roja -sebutan timnas Spanyol- dalam daftar 23 nomine. Meski begitu, favorit sudah pasti jawara tiga tahun terakhir Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (pemenang edisi 2008). (dns)

Nomine Ballon d"Or 2012
Pelatih (Negara asal/Tim)
- Vicente del Bosque (Spanyol/Timnas Spanyol)
- Roberto di Matteo (Italia/Chelsea)
- Sir Alex Ferguson (Skotlandia/Man United)
- Jose Mourinho (Portugal/Real Madrid)
- Pep Guardiola (Spanyol/Eks Barcelona)
- Jupp Heynckes (Jerman/Bayern Munchen)
- Juergen Klopp (Jerman/Borussia Dortmund)
- Joachim Loew (Jerman/Timnas Jerman)
- Roberto Mancini (Italia/Man City)
- Cesare Prandelli (Italia/Timnas Italia)

Pemain
Lionel Messi, Sergio Aguero (Argentina), Iker Casillas, Xavi Hernandez, Xabi Alonso, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Gerard Pique, Sergio Ramos (Spanyol), Gianluigi Buffon, Mario Balotelli, Andrea Pirlo (Italia), Karim Benzema (Prancis), Cristiano Ronaldo (Portugal), Didier Drogba, Yaya Toure (Pantai Gading), Radamel Falcao (Kolombia), Zlatan Ibrahimovic (Swedia), Mesut Oezil, Manuel Neuer (Jerman), Neymar (Brasil), Wayne Rooney (Inggris), Robin van Persie (Belanda)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Di Matteo Calon Pelatih Terbaik Dunia

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler