Di Sini Disiapkan Pemakaman Khusus Jenazah Terinfeksi Corona

Kamis, 09 April 2020 – 00:50 WIB
Pasien terpapar Corona meninggal. Foto: ANTARA/Istimewa

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Pemkot Bandarlampung telah menyiapkan pemakaman khusus bagi warganya yang meninggal disebabkan terinfeksi Corona (COVID-19).

"Kami telah menentukan sebuah lokasi untuk pemakaman untuk pasien COVID-19 yang meninggal dunia, yakni di Kecamatan Teluk Betung Timur (TBT)," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandarlampung Ahmad Nurizki, Rabu (8/4).

BACA JUGA: Masih Berani Tolak Pemakaman Jenazah Corona? Siap-siap Saja

Ia mengatakan, penentuan lokasi pemakaman khusus tersebut sudah melalui kesepakatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bandarlampung yang di dalamnya ada unsur Kodim 0410/KBL dan Polresta Bandarlampung.

Dia menuturkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga setempat, agar tidak ada lagi aksi penolakan jenazah COVID-19 untuk dimakamkan, seperti sebelumnya terjadi.

BACA JUGA: Polisi Sampai Bentuk Timsus untuk Mengawal Pemakaman Jenazah Virus Corona

"Sosialisasi sudah kami laksanakan, dan mudah-mudahan bisa diterima oleh warga," kata dia.

Edukasi yang dilakukan, kata dia, pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa jasad orang yang meninggal karena terinfeksi COVID-19 tidak akan menular, sebab telah sesuai dengan protokol kesehatan dari pemandian hingga pemakamannya.

BACA JUGA: Perintah Habib Rizieq untuk Ormas Islam: Bikin Rekening Khusus, Galang Dana Besar-besaran

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kota Bandarlampung itu menegaskan bahwa lokasi yang akan dijadikan tempat penguburan jenazah COVID-19 tersebut jauh dari permukiman warga, sehingga warga sekitar pun tak perlu merasa panik yang berlebihan.

"Namun, untuk lokasi pemakaman dapat juga disesuaikan dengan permintaan pihak keluarga yang meninggal," katanya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler