Di Tengah Pandemi, Pangsa Pasar Suzuki Justru Meningkat

Jumat, 05 Juni 2020 – 03:24 WIB
Suzuki XL7. Foto: Ridho/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah pasar otomotif yang lesu imbas pandemi corona, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim bahwa pangsa pasar kendaraannya justru naik.

"Jika ditelaah dari sisi market, Suzuki beruntung, karena tidak semua market turun. Terdapat beberapa market naik pada periode Januari-April 2020 dibanding periode sama tahun sebelumnya Januari-April 2019," kata Head Product Development SIS, Harold Donnel kepada awak media.

BACA JUGA: Suzuki GIXXER 250 Ditanamkan Mesin Baru, Joss!

Harold menhelaskan, penjualan ritel Suzuki pada April memang mengalami penurunan sebanyak 29,5 persen.

Meski demikian, Suzuki masih bisa mencatatkan hasil baik terkait pangsa pasar Januari-April 2020 yang naik 11,5 persen 2020, ketimbang periode tahun lalu 9,3 persen.

BACA JUGA: Penjualan Suzuki APV Moncer di Tengah Pandemi Covid-19

"Terkait market Suzuki yang naik, Suzuki diuntungkan oleh model-model yang diproduksi secara lokal sehingga sangat membantu penjualan di masa pandemi yang terjadi," kata dia.

Saat ini, Suzuki masih mengandalkan penjualan Carry Pick Up dengan angka penjualan 50 persen dari total penjualan kendaraan Suzuki hingga pertengahan 2020.

BACA JUGA: Suzuki Bertahap Operasikan Pabrik di Indonesia

"Pick-up jualan masih stabil, Januari-April low pick-up turun dari 18 persen menjadi 10 persen secara nasional. Namun market share naik dari 39 persen jadi 59 persen. Di sini Suzuki berhasil melakukan strategi dengan berbagai program diskon," jelas dia.

Selain itu, penjualan terbanyak kedua ditopang oleh Suzuki Ertiga dengan 20 persen, kendaraan SUV sebanyak 15 persen dan sisa lainnya diisi oleh City Car, LCGC, Hatcback dan lainnya. (mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler