Diaspora Indonesia Pendukung Ganjar-Mahfud Sepakat Angkat Tiga Jari di Eropa Bersatu

Jumat, 24 November 2023 – 12:52 WIB
Ratusan diaspora Indonesia di Eropa pendukung pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan berkumpul bersama dalam kegiatan Eropa Bersatu. Foto: Dok Eropa Bersatu

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan diaspora Indonesia di Eropa pendukung pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan berkumpul bersama dalam kegiatan Eropa Bersatu, Sabtu (2/11/2023).

Kepedulian diaspora Indonesia terhadap situasi politik ke depan di Indonesia mendorong mereka untuk lebih aktif menyuarakan dukungan terhadap pasangan Ganjar-Mahfud yang dipercaya dapat memegang amanah konstitusi dan mempertahankan semangat reformasi melalui jalan demokrasi di Indonesia.

BACA JUGA: Surat Terbuka Diaspora Indonesia di Eropa untuk Presiden Jokowi: Bukan Akhir yang Kita Inginkan

Dukungan terhadap pasangan calon dengan nomor urut tiga ini semakin bertambah dari penjuru benua Eropa. Dari berbagai negara, para pendukung Ganjar-Mahfud ini akan berkumpul dan menyuarakan dukungan mereka secara bersama-sama di Vught, Belanda, Sabtu (2/11/2023).

Kegiatan ini rencananya akan dihadiri secara virtual oleh Ganjar Pranowo dan Prof. Mahfud MD yang akan menjelaskan program kerja mereka.

BACA JUGA: Wanita Nelayan Ganjar Buktikan Kepedulian Terhadap Kesejahteraan Keluarga di Pangandaran

Tidak hanya itu, Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, beserta Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud, Sandiaga Uno, diharapkan juga akan hadir secara virtual untuk memberikan pengarahan terkait strategi pemenangan pasangan calon Ganjar-Mahfud.

Kegiatan Eropa Bersatu ini juga direncanakan akan menampilkan berbagai narasumber lainnya seperti Yenny Wahid, Ronny Talapessy, Nico Siahaan, Niluh Djelantik, Mazdjo Pray, dan lainnya.

BACA JUGA: Pandawa Ganjar dan Anak Panti Doakan Indonesia Dapat Pemimpin Antikorupsi

Acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan dan pertunjukan musik, tarian dan kegiatan lainnya. Selain itu, berbagai kulinari dan produk-produk Indonesia juga akan dipasarkan di kegiatan Eropa Bersatu.

Angkat Tiga Jari di Warung Demokrasi

Dalam acara Eropa Bersatu nanti, masyarakat diaspora Indonesia juga akan menyelenggarakan warung demokrasi sebagai gerakan bersama World For Ganjar dari Eropa bersama Dunia untuk Ganjar-Mahfud.

Ketua Program Eropa Bersatu Jerman Budi E. L. Gaol menyatakan situasi demokrasi di Indonesia saat ini jelas merosot. Keputusan MK yang dihasilkan dari adanya pelanggaran etika berat, tidak bisa dibiarkan dan tidak bisa diterima secara moral.

"Pinsip demokrasi Pancasila yang merupakan demokrasi konstitusional secara definitif telah dilanggar, dan oleh karenanya segenap masyarakat Indonesia harus sadar untuk kembali kepada semangat dan cita-cita reformasi,” ujarnya.

Ketua Program Eropa Bicara Belanda Sofana Plant menyatakan mereka tidak bisa tinggal diam.

Dia dan kawan-kawan dari berbagai negara di Eropa terus berkoordinasi dan menyuarakan dari Eropa agar jangan sampai Indonesia kembali ke masa-masa kelam di mana demokrasi dipertaruhkan demi kekuasaan kelompok tertentu.

"Apa yang terjadi di Indonesia pada saat ini secara jelas menciderai Pancasila. Oleh sebab itu kita harus berani bersuara demi menjaga demokrasi,” ujarnya.

Eropa Bicara merupakan gabungan dari perwakilan berbagai negara di Eropa, yang memiliki misi untuk terus menyuarakan semangat reformasi dan prinsip-prinsip demokrasi yang tulus.

Eropa Bicara diharapkan menjadi corong untuk menyuarakan aspirasi terkait situasi politik di Indonesia. Selain di Jerman dan di Belanda, dari Austria diketuai oleh Dini Dewi, dari Belgia Nia Poniyah, dari Prancis Hetty Noer dan dari Swiss oleh Sakaria Wielgosz yang sekaligus sebagai Ketua Koordinator Eropa untuk Ganjar-Mahfud.

Sakaria mengajak seluruh diaspora Indonesia pendukung Ganjar-Mahfud di Eropa untuk bersatu. “Spirit kami semua sama di sini, kami mengangkat tiga jari sebagai simbol perjuangan dan pro-demokrasi. Ayo Eropa, kita suarakan bersama-sama,” imbuhnya.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler