Diduga Korupsi, 44 Anggota DPRD Dipanggil Kejati

Kamis, 22 Maret 2012 – 14:30 WIB

JAYAPURA - Setelah menunggu cukup lama, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua akhirnya memanggil ketua, wakil ketua dan anggota DPR Papua Barat serta Sekda Papua Barat untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan kasus korupsi dana APBD Rp 22 miliar yang melibatkan 44 anggota DPR Papua Barat.

"Sudah dua minggu lalu, ketua, wakil ketua dan satu anggota DPR Papua Barat sudah kami pangggil dan sudah kami periksa beserta Sekdanya. Mereka berempat saling menjadi saksi satu sama lain," ungkap Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Papua, Harjdono Tjatjo,SH kepada Cenderawasih Pos ketika ditemui di kantor Gubernur Papua.

Setelah memanggil ketua, wakil ketua dan satu anggota DPR Papua Barat serta Sekda, maka selanjutnya Kejati Papua akan memanggil 41 anggota DPR Papua Barat periode 2009-2014 itu untuk menjalani pemeriksaan.

Hardjono mengungkapkan sekitar awal Maret ini, surat izin pemeriksaan anggota DPR Papua Barat dari Mendagri sudah dikeluarkan. "Bersyukur surat izin sudah keluar, sehingga memudahkan kami melakukan pemeriksaan kepada para tersangka. Di mana kami akan memanggil 41 angota DPRD atau para tersangka lainnya untuk kami mintai keterangan, di mana mereka akan saling menjadi saksi," katanya.

Terkait kerugian Negara sebesar Rp 22 miliar tersebut, Hardjono menyatakan sekitar Rp 15 miliar lebih sudah dikembalikan oleh para tersangka ke kas Negara, namun masih ada sisa sekitar Rp 7 miliar lagi yang belum diketahui, apakah masih bisa diselamatkan atau tidak.

"Masih ada sekitar Rp 7 miliar lagi yang belum dikembalikan dari para tersangka. Walau pun mereka sudah mengembalikan uang hasil dugaan korupsi tersebut, mereka akan tetap diproses hukum," tegasnya. 

Sebatas diketahui sejak akhir Juli 2011 lalu, Kejaksaan Tinggi Papua melalui Kejaksaan Agung sudah mengajukan permohonan izin ke Mendagri untuk memeriksa 44 anggota DPR Papua Barat. Namun izin itu baru dikeluarkan oleh Mendagri, sehingga proses hukum terhadap dugaan kasus korupsi itu akan segera dituntaskan untuk dibawa ke meja hijau. (ro/fud)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Giliran Rumah Petinggi KPA Dibakar OTK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler