Didukung Loyalis Anas, Saan Bakal Diganjal Cikeas

Jumat, 15 Maret 2013 – 00:01 WIB
JAKARTA - Pengamat politik Universitas Nasional, Alfan Alfian, menilai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD), Saan Mustopa berpeluang untuk menggantikan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum PD. Sayangnya, kondisi politik di PD tak menguntungkan Saan.

Alfian mengatakan, kondisi di internal PD saat ini akan menjadi hambatan besar bagi Saan. "Pasti (Saan) akan dapat banyak tantangan dan kendala," ujar Alfan kepada JPNN, Kamis (14/3) malam.

Ia menambahkan, Saan jelas tak akan mendapat restu dari pendiri sekaligus Ketua Majelis Tinggi PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebab, lanjut Alfian, akan menjadi suatu hal yang absurd jika SBY maupun Cikeas merestui Saan menjadi ketua umum partai pemenang Pemilu 2009 itu.

Sementara Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti menilai Saan memilki peluang yang cukup bagus untuk menjadi Ketum PD. "Blok Anas akan ke Saan dan jumlahnya tidak sedikit," ujarnya.

Meski begitu, lanjut Ray, mekanisme pemilihan Ketum PD harus dilakukan secara voting sesuai Anggaran Dasar atau Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Demokrat. Selain itu, sebutnya, kewenangan Majelis Tinggi yang sangat dominan saat ini harus dibuat lebih proporsional.(gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Restu Anas Dikantongi, Tri Dianto Segera Deklarasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler