Diet Vegetarian Kurangi Risiko Kanker Usus

Rabu, 22 April 2015 – 16:56 WIB
foxnews

jpnn.com - LONDON- Diet vegetarian ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena nilai gizi di dalamnya, diet vegetarian bisa menangkal berbagai penyakit kronis. Salah satunya ialah kanker usus.

"Kanker usus adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker di Amerika Serikat. Upaya penyaringan, termasuk kolonoskopi, telah membantu menyelamatkan banyak nyawa dengan mendeteksi polip prakanker," kata peneliti utama studi tersebut, Dr. Michael Orlich, seperti dilansir laman Health, Selasa (21/4).

BACA JUGA: Ini Cara Hilangkan Bra Bulge

Studi baru yang melibatkan lebih dari 77.000 orang dewasa menemukan, mereka yang menjalani diet vegetarian yang sehat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus dan kanker dubur daripada non vegetarian.

"Vegetarian tidak hanya makan sedikit daging tetapi juga mengonsumsi sedikit makanan ringan, biji-bijian olahan dan minuman kalori. Biasanya mereka ini makan lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan," jelas Orlich.

BACA JUGA: Rambut Rontok, Bumil Jangan Panik

Bukti sebelumnya telah mengaitkan makan daging merah dan olahan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker kolorektal. Mengonsumsi makanan yang kaya serat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ini. (fny/jpnn)

 

BACA JUGA: Vertigo: Sekadar Ilusi atau Pertanda Lain?

 

 

 

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hati-hati! Marah Bisa Sebabkan Gangguan Mental


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler