Diikuti 7 Negara, Asian School Badminton Championship Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Selasa, 27 Agustus 2024 – 08:06 WIB
Asian School Badminton Championship yang diikuti 7 negara dinilai nisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno resmi membuka 8th Asian School Badminton Championship di Hotel Patra Jasa Semarang, Senin (26/8) malam.

Kejuaran bulu tangkis internasional ke-8 tingkat pelajar ini diikuti sebanyak 120 pebulu tangkis dari tujuh negara, yakni Indonesia, Hongkong, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, dan Thailand.

BACA JUGA: Jadi Tuan Rumah Asian School Badminton Championship, Jateng Siap Sambut Peserta

Mereka akan bertanding di di Lapangan bulu tangkis Universitas Semarang (USM) pada 26 Agustus hingga 3 September 2024.

Sumarno menilai, ajang ini bakal menjadi tontonan menarik bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya, karena diikuti atlet-atlet badminton muda dari negara-negara kawasan Asia.

BACA JUGA: Kemenpora Audiensi dengan Pj Gubernur Jateng Bahas Persiapan Turnamen 8th Asian School Badminton Championship di Semarang

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang telah memilih Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah untuk melaksanakan kegiatan ini," katanya.

Menurut Sumarno, selain meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor konsumsi, penyelenggaraan kompetisi ini menjadi motivasi Pemprov Jateng untuk lebih mengembangkan olahraga, khususnya cabang badminton.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Kukuhkan 52 Anggota Paskibraka, Tak Ada Aturan Lepas Hijab 

"Mudah-mudahan event ini menjadi titik awal bahwa olahraga di Jateng lebih meningkat lagi. Atlet-atlet badminton dari Jateng akan terus tumbuh dan memperoleh medali emas di Olimpiade berikutnya," ucapnya.

Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Dwijayanto Sarosa Putera mengatakan, bulu tangkis masuk dalam cabang olahraga unggulan dalam event internasional. Melalui event ini diharapkan para pelajar Indonesia makin terasah kemampuannya.

Menurut dia, ajang ini makin mempererat persahabatan antarpelajar dari berbagai negara.

"Total atlet 120 orang, termasuk kontingen Indonesia sebanyak16 atlet yang terdiri dari 8 putra dan 8 putri. Untuk nomor yang dipertandingan ada tujuh," katanya.

Dwijayanto mengatakan, pencapaian prestasi olahraga di tingkat internasional tidak datang tiba-tiba, tetapi harus melalui pembinaan yang dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan.

Dengan begitu, generasi sekarang yang masih usia pelajar, ke depan akan menjadi atlet-atlet berprestasi di tingkat dunia. (jpnn.com)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler