Diikuti 8 Tim, Piala Marahalim Digelar Januari 2015

Minggu, 09 November 2014 – 01:03 WIB

jpnn.com - MEDAN - Even turnamen sepakbola legendaris berlabel Piala Marahalim akan kembali bergulir setelah sempat vakum selama 20 tahun.

Hal itu terungkap dari jumpa pers yang diadakan panitia turnamen yang turut dihadiri Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho di Garuda Plaza Hotel, Medan, Sabtu (8/11) kemarin.

BACA JUGA: Mourinho Berani Bicara Juara

Turut hadir pula H Muchsin Pohan, cucu tertua Marahalim Harahap, sang maestro even yang juga mantan Gubsu periode 1967-1978 itu.

Tursilo, ketua panitia membeberkan bahwa even ini akan digeber Januari 2015 di Stadion Teladan. Sebanyak 8 tim sejauh ini sudah memastikan ikut serta pada even bertaraf internasional itu.

BACA JUGA: Rosberg Sapu Bersih Latihan Bebas

Delapan tim itu adalah, Medan Jaya (juara terakhir Marahalim Cup 1995), PSMS, Semen Padang, PSM Makassar, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan dua tim asal negeri jiran, Selangor FC Malaysia dan Yangon United Myanmar.

"Panitia sudah menyiapkan ini sejak Maret. Lalu pada Agustus ada titik terang untuk pelaksanaan. Terimakasih kepada pihak keluarga yang mengizinkan even ini kembali digelar," kata Tursilo.

BACA JUGA: Brendan Rodgers Anggap Liverpool Sial

Muchsin Pohan, cucu tertua dari anak perempuan tertua Marahalim Harahap pun menyampaikan izin tersebut dari sang kakek. Namun Muchsin menyampaikan  pula kekecewaan sebab kenapa baru saat ini Piala Marahalim kembali digelar.

"Kenapa tidak dari dulu. Saya dulu membangun turnamen ini di zaman serba sulit tapi bisa. Saat ini seharusnya lebih bisa," kata Mucshin menirukan kata-kata kakeknya yang saat ini kurang lebih berusia 95 tahun.

Menurut Muchsin, jika Marahalim dalam kondisi bugar, maka dia akan hadir saat pembukaan even.

Kamaluddin Harahap, ketua Asprov PSSI Sumut juga menyatakan kesiapan mendukung. Menurut Kamal, Piala Marahalim adalah even internasional kebanggaan Sumut. "Maka itu ini harus dilanjutkan," kata Kamal.

Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho juga antusias sehingga menyempatkan hadir di tengah kesibukan. Begitu mengetahui even ini akan digelar kembali, Gatot mendukung penuh. Bahkan dia siap ikut membantu mencarikan sponsor.

"Nanti saya akan diskusi dengan panitia dan pengurus, seperti apa dukungan yang dibutuhkan. Ini tanggung jawab kita semua. Piala Marahalim ikut mengharumkan nama Sumut di nasional bahkan internasional," papar Gatot.

Turut hadir Amru Daulay, ketua yayasan Marahalim, Parlin Siagian, mantan pemain PSMS dan jajaran pengurus PSSI pusat dan daerah.

Piala Marahalim digelar pertama kali pada 1972 dan terhenti pada 1995. Semasa eksis, turnamen ini mendapat tempat di hati masyarakat Medan dan sekitarnya sebab panitia selalu sukses mendatangkan tim papan atas. Tak hanya klub nasional, klub besar dunia juga biasa datang ke Teladan untuk bertanding.

Hal itu lantas diakui sendiri oleh Parlin Siagian yang sempat bermain di Piala Marahalim pertama sampai keempat. “Mulai 72 saya sudah bermain di Piala Marahalim. Bahkan saya dibesarkan dari turnamen ini,” kata Parlin.

Saat itu, kata Parlin Stadion Teladan selalu penuh. “Animo luar biasa. Tapi tak bisa kita pungkiri, prestasi PSMS termasuk membuat animo masyarakat luar biasa. Tapi kali ini PSMS bak hidup segan mati tak mau. Panitia harus bantu PSMS dengan menitipkan pemain. Mumpung kompetisi sedang libur,” harap Parlin. (ful)

BACA ARTIKEL LAINNYA... John Terry Sebut Liverpool Bagus di Babak Pertama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler