Dikritik Publik, Ini Alasan Southgate Tak Lakukan Pergantian Pemain Melawan Polandia

Kamis, 09 September 2021 – 16:37 WIB
Pelatih Inggris Gareth Southgate (Jas Hitam) saat memberikan instruksi kepada anak asuhnya. Foto: Twitter @England

jpnn.com, WARSAWA - Inggris hanya bermain imbang 1-1 kontra Polandia di National Stadium pada matchday keenam Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (9/9) dini hari WIB.

The Three Lions unggul lebih dahulu di laga ini melalui gol spektakuler Harry Kane pada menit ke-72'.

BACA JUGA: Gareth Southgate Sepakat dengan Pernyataan Arsene Wenger yang Satu Ini

Kemenangan Inggris yang sudah di depan mata sirna usai pemain Polandia Damian Szymanski menyamakan skor jelang pertandingan usai.

Selepas pertandingan, banyak publik heran dengan keputusan pelatih Inggris Gareth Southgate yang tidak mengganti satu pun pemainnya di laga tersebut.

BACA JUGA: Meledak Saat Melawan Lithuania, Moise Kean Ungkap Rahasianya

Ini menjadi kali pertama Tim Tiga Singa tidak melakukan pergantian pemain dalam sebuah pertandingan sejak semifinal EURO 1996 melawan Jerman.

Kala itu, Inggris yang dilatih Terry Venables juga melakukan hal serupa dalam duel yang berakhir dengan skor 1-1.

BACA JUGA: Polandia vs Inggris 1-1, Harry Kane Melampaui Rekor Gol Eks Liverpool

Keputusan aneh Southgate saat menghadapi Polandia membuat banyak pihak mempertanyakan maksud sang pelatih.

Pasalnya di bangku cadangan timnas Inggris masih diisi banyak pemain berkualitas seperti Jesse Lingard, Bukayo Saka, Jude Bellingham, hingga Jordan Henderson.

Southgate beralasan dirinya tidak ingin merusak ritme permainan yang telah tercipta di antara pemain Inggris dengan memasukkan pemain baru.

"Saya pikir, para pemain di lapangan sedang menikmati ritme permainan. Hasilnya pun membuat kami mengendalikan pertandingan."

"Mengubah strategi dengan melakukan pergantian pemain hanya akan berpotensi mengganggunya," ujar Southgate dikutip dari BBC Sport.

Meski hanya mampu bermain imbang lawan Polandia, Inggris masih kokoh di puncak klasemen Grup I dengan 16 poin hasil dari lima kali menang dan sekali imbang.

Polandi di sisi lain, tetap berada di peringkat ketiga dengan poin 11 hasil dari tiga kali menang, dua imbang dan sekali kalah. (bbc/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler