Diperkirakan 20 Persen Peserta Tes CPNS tak Hadir

Senin, 04 November 2013 – 07:48 WIB
Suasana tes CPNS baru di Stadion GBK, Jakarta kemarin. Sekitar 30 persen dari peserta ujian tidak hadir karena tercebak macet dan car free day. Foto: Humas Kemen PAN-RB for Jawa Pos

jpnn.com - SEMARANG - Pelaksanaan ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) mendapat perhatian serius Komisi A DPRD Kota Semarang. Kemarin, komisi yang membidangi masalah hukum dan pemerintahan ini meninjau langsung pelaksanaan ujian CPNS di empat lokasi. Dua lokasi untuk formasi pendaftar umum dan dua lokasi untuk tes honorer kategori 2 atau K2.

Tinjauan yang dipimpin Ketua Komisi A DPRD Kota Semarang Agung Prayitno ini diikuti segenap anggota komisi. Sedangkan dari eksekutif, ikut mendampingi Sekda Kota Semarang Adi Trihananto serta kepala BKD Bambang Kono. Lokasi pertama yang dikunjungi Komisi A adalah SMA 3 dan SMA 5 yang berada di Jalan Pemuda Semarang.

BACA JUGA: Diduga Joki, Dua Peserta Tes Diusir

Di kedua lokasi tes bagi pendaftar umum ini Komisi A menemukan tingginya peserta tes yang tidak hadir.

"Rata-rata tiap kelas yang berisi 20 peserta, ada lima yang tidak hadir, kalau ditotal peserta tes yang tidak hadir mencapai 20 persen," terang Agung Prayitno.

BACA JUGA: Elpiji 3 Kg di Batam Dijual Rp 25 ribu per Tabung

Di SMA 3, misalnya, seharusnya tes diikuti 800 peserta, ternyata yang tidak hadir ada sekitar 150-an peserta. Demikian juga di SMA 5 yang mestinya diikuti 532 peserta, ternyata banyak yang absen.

Mengenai fenomena ini, Agung Prayitno menduga penyebab utamanya adalah pelaksanana ujian yang bersamaan. "Kemungkinan peserta itu ikut mendaftar di beberapa tempat, karena pelaksanaan ujian bersamaan tentu harus memilih salah satu," ujar politisi asal Partai Demokrat ini.

BACA JUGA: Sinabung Meletus Lagi, 1.293 Jiwa Diungsikan

Meski banyak peserta yang tidak hadir, Agung Prayitno menegaskan ujian tes CPNS ini berlangsung cukup tertib dan lancar.

Sedangkan pelaksanaan tes honorer K2 dilaksanakan di SMA 1 dan SMK 7 Semarang. Di SMA 1 ada 1.073 peserta tes dari honorer K2 dan yang tidak hadir ada satu orang. Demikian juga di SMK 7 yang diikuti oleh 451 CPNS dari katagori K2, tidak hadir satu orang.

Sebanyak 571 peserta juga bersaing untuk menjadi CPNS Universitas Diponegoro yang dilaksanakan di Gedung Prof Soedarto. Kabag Kepegawaian Undip Dra Agnes Esti Sudarman MSi mengatakan, dari hasil absensi, sebanyak 96 peserta yang tidak hadir dari D3 ada 64 orang, dan dari S1 ada 32 peserta dengan alasannya tidak diketahui pasti.

Agnes menuturkan, di hari yang sama juga diadakan tes CPNS untuk golongan kategori II (K2) yang diikuti 286 peserta. Sembilan orang tidak hadir mengikuti tes.

"Hasil tes CPNS ini akan diumumkan pada minggu pertama Desember 2013. Para peserta bisa melihat pengumumannya di cpns.kemdikbud.go.id atau kepegawaian.undip.ac.id," jelasnya.

Sementara dari pengumuman seleksi CPNS di lingkungan Polines dilanjutkan dengan Tes Kompetensi Dasar (TKD)di Ruang Serba Guna Polines, kemarin. Tes diikuti 60 peserta untuk mengisi 13 formasi dengan perincian kualifikasi pendidikan S2 ada 10 orang dan D3 ada tiga orang.

"Sebenarnya yang lolos seleksi administrasi ada 65 orang, namun dalam pelaksanaan tes ada lima peserta tidak hadir," ujar Drs Riyadi, MM Wakil Direktur II Polines sembari menambhakan bagi yang lolos TKD selanjutnya akan mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). (sgt/gus)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Status Gunung Api Sinabung Siaga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler