Diprediksi Dua Putaran, Foke Dibayangi Jokowi dan Hidayat

Minggu, 08 Juli 2012 – 21:26 WIB

JAKARTA-Sosiolog dari Universitas Indonesia (UI), Thamrin Amal Tomagola memprediksi  pilkada DKI Jakarta 2012 akan berlangsung dua putaran. Thamrin juga meyakni pasangan calon gubernur incumbent, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli bakal lolos putaran pertama.

"Jadi begini, karena ada enam pasang yang bertarung, sudah jelas dua putaran dan tidak bisa satu putaran. Masuk ke putaran kedua, Foke sudah jelas masuk sebagai salah satu finalis," kata Thamrin dalam acara diskusi yang digelar Puskapol Fisip UI di lobby Blok M Plaza, Jakarta Selatan, Minggu (8/7).

Thamrin memprediksi, ada dua pasangan calon gubernur (cagub) yang bakal membayangi Foke dalam pemilu putaran kedua yakni pasangan calon Jokowi-Ahok dan Hidayat-Didik.

"Nah tinggal sekarang yang bersaing untuk memperebutkan tempat kedua, dimana diperebutkan antara pasangan Jokowi dengan pasangan Hidayat," ujar Thamrin.

Thamrin menambahkan, pasangan cagub independen nomor urut 2, Hendardji Supandji-Riza Patria juga berpeluang masuk putaran kedua pilkada DKI. Menurutnya, kampanye yang dilakukan Hendardji-Riza cukup bagus dan menyita perhatian masyarakat.

"Jadi yang akan bertarung ketat itu dan  susul menyusul itu, iya pasangan nomor 3 dan 4. Tapi pasangan nomor 2 itu membayangi kedua pasangan tadi, dan bisa menjadi kuda hitam," paparnya.

Menurut Thamrin, pasangan calon nomor urut 5, Faisal-Biem dan pasangan calon nomor urut 6, Alex-Nono berpeluang kecil masuk putaran kedua. Pasangan Faisal-Biem yang tidak didukung partai politik dinilai sulit menggerakkan konstituen. Sementara pasangan Alex-Nono dinilai tidak punya prestasi membanggakan yang bisa dijual saat kampanye.

"Nomor 6 nggak ada pengaruh, nggak masuk, karena nggak ada yang bisa dibanggakan dari situ. Nah kalau yang nomor 5 itu orang bersih tapi belum punya prestasi," pungkas Thamrin. (dil/jpnn)   

BACA ARTIKEL LAINNYA... JK Lebih Diterima Dibanding Ical


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler