Diprotes soal Steve, Ini Penjelasan Raline Shah

Selasa, 03 Februari 2015 – 03:41 WIB
Raline Shah. Foto: Instagram Raline

ARTIS cantik Raline Shah, 29, dikenal dekat dengan binatang. Raline tidak geli atau takut memegang binatang apa pun. Mulai ular hingga buaya.
 
Pada Minggu (1/2), dia mengunggah foto saat bermain dengan bayi orang utan. Bayi orang utan tersebut dia beri nama Steve. Raline memandikan, memberinya makan, bercanda, bahkan selfie.

Namun, foto-foto itu cukup kontroversial. Sejak mengunggah foto kali pertama, bintang "5 Cm" tersebut menuai kecaman.
 
Beberapa orang menulis komentar. Mereka protes bahwa foto itu bisa menginspirasi orang lain untuk menjadikan orang utan sebagai hewan peliharaan. Ada pula yang mengecam Raline.

BACA JUGA: Perjuangan Elvira Devinamira untuk Wanita Indonesia

Sebab, dia membawa bayi orang utan tersebut ke rumah. Padahal, seharusnya hewan itu berada di tempat konservasi.
 
Menanggapi hal tersebut, Raline memberikan keterangan esoknya. Dia menulis teks yang cukup panjang untuk meluruskan. Raline menjelaskan bahwa Steve, bayi orang utan berusia 3 tahun, berasal dari hutan Sumatera.

Orang tuanya terbunuh oleh pekerja perkebunan sawit di hutan tersebut. "Steve ditemukan suami-istri pemilik warung di dekat kebun sawit. Selama tiga tahun, ia dipelihara seperti anak manusia. Diberi popok dan pakaian. Sebab, mereka tidak tahu cara membesarkannya," ujar Raline.
 
Seseorang lantas membawa Steve ke tempat yang lebih aman, yakni Kebun Binatang Pematang Siantar yang dikelola ayah Raline.

BACA JUGA: Tip Sheryl Jaga Suara Tetap Mantab meski Sakit

"Steve yang sangat jinak dan selama ini diperlakukan seperti manusia butuh waktu untuk berbaur dengan orang utan liar lainnya," ungkap putri Rahmat Shah tersebut.
 
Di kebun binatang, banyak dokter hewan dan pemerhati orang utan yang bisa menanganinya. Terlebih, Steve punya trauma dan luka, serta kesedihan yang dalam. Raline sama sekali tidak berniat menjadikan Steve sebagai hewan peliharaan. Dia dibesarkan di keluarga yang punya kebun binatang dan ayahnya yang seorang konservasionis.
 
"Aku hanya ingin orang Indonesia dan dunia tahu betapa berharganya mereka. Betapa spesialnya kita memiliki mereka di Sumatera Utara dan Borneo. We must fight for his home. Alam telah memberikan hidup kepada kita. Makanya, kita wajib memberikan hidup pada alam....But first... Let me take a selfie," tandas Raline. (puz/c14/jan)

BACA JUGA: Sheryl: Kalau Nyanyi, Jangan Dirasakan Sakitnya

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cantiknya Duta Hijab di Arena Car Free Day


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler