Disaksikan 250 Juta Penonton

Minggu, 01 Juli 2012 – 14:33 WIB
Striker Spanyol, Fernando Torres. Foto: Getty Images

NAMA besar Spanyol dan Italia bakal dipertaruhkan dalam laga pamungkas Euro 2012 nanti. Saking serunya, diperkirakan jumlah penontonnya bakal membludak. Bukan hanya yang langsung datang ke Olympic Stadium, Kiev, pun demikian yang menonton lewat layar televisi di seluruh pelosok dunia.
 
Federasi sepakbola Eropa UEFA memprediksi, setidaknya laga tersebut akan disaksikan 250 juta penonton televisi. Bukan hanya di benua Eropa, melainkan di seluruh dunia. Jumlah itu sudah mampu melampaui rekor penonton yang terjadi pada babak final antara Spanyol melawan Jerman empat tahun silam.
 
Pertandingan puncak Euro 2008 di Ernst-Happel Stadium, Wina, Austria itu hanya disaksikan 237 juta pasang mata. "Aku pikir semua itu kerja yang bagus, dan sejauh ini kami gembira dengan peningkatan itu," kata direktur marketing UEFA Guy Laurent Epstein kepada Associated Press.
 
Epstein menyebut, bisa saja jumlah penontonnya menembus kisaran angka 350 juta pasang mata. Itu dengan asumsi banyak yang menonton pertandingan dengan bersama-sama di lapangan, hotel, kafe ataupun gedung. Sekedar diketahui, hanya untuk babak semifinal antara Jerman melawan Italia lalu, sudah disaksikan 50 juta penonton via televisi. "Riset itu berdasarkan pemirsa televisi di rumah saja," jelas dia.
 
Bukan hanya bangga dengan jumlah penonton saja, UEFA juga bisa menangguk untung dari siaran televisi itu. UEFA kemungkinan bisa mengeruk keuntungan hingga Rp 15,6 triliun untuk 31 pertandingan Euro 2012. Lebih dari separonya (62 persen) atau senilai Rp 10 triliun diperoleh dari hak siar negara-negara seluruh dunia.
 
Jumlah itu menjadi yang tertinggi sepanjang gelaran Euro di Polandia-Ukraina ini. Bahkan, menurutnya jumlah penonton laga antar tim nasional ini lebih besar ketimbang laga Liga Champions Eropa ataupun Liga Primer Inggris sekalipun. "Daya tarik mereka menonton pertandingan tim nasionalnya lebih besar," klaim Epstein.
 
Meski demikian, jumlah penonton di kejuaraan empat tahunan negara Eropa ini belum bisa menyaingi rekor di Piala Dunia. Sebagai bandingannya, untuk laga final Piala Dunia Afrika Selatan yang mempertemukan Spanyol dengan Belanda dua tahun silam, jumlah penontonnya bisa mencapai 530,9 juta pasang mata.
 
Sedangkan untuk rekor jumlah penonton terbanyak di dunia olahraga untuk sementara ini tidak dipegang kejuaraan sepakbola. Melainkan pada pesta pembukaan Olimpiade Beijing 2008 silam. Ketika itu, jumlah penontonnya mencapai lebih dari 590 juta pasang mata. (ren)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Persija Terlempar Dari Empat Besar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler