Disarankan Olahraga Setelah Vaksinasi Flu

Kamis, 16 Mei 2013 – 00:08 WIB
BEROLAHRAGA setelah mendapatkan vaksinasi flu, ternyata dapat meningkatkan keberhasilan dari vaksinasi tersebut.

Penelitian di University of Sydney menemukan bahwa berolahraga adalah kunci dari vaksinasi yang sukses.

"Bergerak aktif secara fisik dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada umumnya, namun berolah raga sebelum atau setelah vaksinasi dapat meningkatkan respon vaksin," kata Dr Kate Edwards dari Faculty of Health Science"s Exercise and Sport Science unit,seperti dilansir laman The Indian Express, Selasa (14/5).

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada jurnal Human Vaccines dan Immunotherapeutics, yang ditulis oleh Profesor Robert Booy Edwards, disebutkan bahwa olahraga dapat membawa perubahan besar dalam sistem kekebalan tubuh.

Antara lain meningkatkan jumlah sel darah yang beredar dan pelepasan protein kekebalan tubuh yang bekerja dengan sel-sel otot itu sendiri.

"Kami menjamin bahwa olahraga dapat membantu respon vaksin dengan mengaktifkan bagian dari sistem kekebalan tubuh ," kata Edwards lebih lanjut

Edwards juga mengakui bahwa tubuh kita bereaksi dengan cara yang berbeda, dan menyarankan agar kita tidak berlebihan dalam melakukan aktivitas fisik, setelah mendapatkan vaksinasi flu dan menghindari dehidrasi dengan minum banyak cairan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Apakah Anda Menderita Sexsomnia?

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler