Disebut Paling Informatif, Kementan Kembali Raih Penghargaan dari KIP

Rabu, 14 Desember 2022 – 19:20 WIB
Kementan kembali mendapatkan penghargaan peringkat satu dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Pusat (KIP). Foto: Kementan

jpnn.com, SERPONG - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali mendapatkan penghargaan peringkat satu dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Pusat (KIP) sebagai Badan Publik Informatif kategori Kementerian.

Sebelumnya, Kementan sendiri telah mendapatkan penghargaan di ajang yang sama pada selama 3 tahun berturut-turut pada 2020 dan 2022.

BACA JUGA: Kinerja BPPSDMP Capai Target, Kementan Berikan Apresiasi kepada SDM Pertanian

Menteri Kooordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik 2022 menunjukkan kenaikan yang signifikan dengan hasil banyaknya Badan Publik yang masuk dalam kualifikasi Informatif sebanyak 122 Badan Publik dari 372 atau 32,79%.

Menurut dia, angka itu menunjukkan terlampauinya target RPJMN 2022 yang berjumlah 98 Badan Publik yang masuk dalam kualifikasi informatif .

BACA JUGA: Gerak Cepat, Kementan Sosialisasikan Genta Organik di Lampung

"Saya mengucapkan selamat kepada Badan Publik yang menunjukkan kemampuannya dalam menjalankan dan memenuhi amanat Undang-Undang KIP, sehingga memperoleh anugerah Keterbukaan Informasi Publik sebagai badan publik informatif,"ucap Mahfud pada acara “Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022” yang diselenggarakan di Serpong, Tangerang, Rabu (14/12).

Ketetapan yang diberikan KIP kepada Kementan diperoleh melalui serangkaian proses penelitian panjang sekaligus monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik 2022.

BACA JUGA: Lewat Genta Organik dan Smart Farming, Kementan Optimistis Hadapi Krisis Pangan

Seluruh proses sudah dilaksanakan sejak Agustus hingga penghujung tahun 2022.

Hasilnya, Kementan menepati posisi pertama dengan nilai yang cukup tinggi, yakni sebesar 99,70.

Sekretaris Jenderal Kementan, Kasdi Subagyono mengatakan Kementan terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan informasi kepada publik.

Hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan merupakan bentuk komitmen konkrit dari visi misi Pemerintahan.

"Alhamdulliah, Kementerian Pertanian mendapatkan peringkat satu kategori Kementerian paling informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022 yang diberikan Komisi Informasi Pusat," ucap Kasdi.

Kasdi mengatakan Kementan di bawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo terus mendorong penyebaran informasi publik yang berkaitan dengan program dan capaian pembangunan pertanian dengan baik, sehingga masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan informasi.

Karena itu, Kementan terus memperkuat peran kehumasan dengan terus mengupgrade SDM Humas Kementan, program, infrastruktur, policy, dan anggaran.

"Semua dapat menanyakan, mencari informasi secara offline maupun online dengan tidak ada yang ditutupi namun tetap memperhatikan ketentuan informasi yang boleh dibuka untuk publik atau tidak," terang Kasdi.

Ketua KIP, Donny Yoesgiantoro mengatakan penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik merupakan salah satu bentuk KIP untuk terus memajukan keterbukaan informasi publik di seluruh Pemerintahan/Badan Publik.

"Kami meyakini bahwa Keterbukaan Informasi Publik merupakan hal yang esensial, fundamental, prinsip dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, good governance and clean government," kata Donny. (jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selamat, Kementan Raih Penghargaan Anugerah Meritrokrasi 2022 dengan Kategori Baik


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler