Disiapkan Beasiswa Anak Daerah Kuliah Kedokteran

Selasa, 28 Juni 2011 – 22:43 WIB

JAKARTA --- Pemerintah akan menyiapkan program beasiswa khusus untuk anak-anak miskin yang memiliki prestasi akademik seperti halnya beasiswa Bidik MisiHanya saja, kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal, beasiswa ini khusus untuk pendidikan di Fakultas Kedokteran.

“Kalau pemerintah sebelumnya ada program beasiswa Bidik Misi, ini bahkan ada Bidik Misi Super

BACA JUGA: Pengumuman SNMPTN Bisa Diakses Rabu Malam

Jadi, beasiswa ini khusus untuk anak-anak pintar yang berasal dari daerah-daerah yang kurang tenaga medis atau dokter, untuk bisa dijemput masuk ke fakultas kedokteran,” ungkap Fasli di Jakarta, Selasa (28/7).

Untuk mewujudkan hal ini, lanjut Fasli, Kemdiknas pun harus ikut berperan di dalam penyusunan RUU Pendidikan Kedokteran
Kemdiknas sudah mengusulkan beberapa materi agar dimasukkan ke RUU tersebut

BACA JUGA: Bakrie Foundation Gelontorkan Beasiswa ke 12 PT

“Misalnya, bagaimana pendidikan kedokteran ini ada kejelasan antara pendidikan akademik dan profesi
Ini harus jadi kesatuan

BACA JUGA: Ribuan Kursi Kosong

Bagaimana izin-izinnya, syarat-syarat kelembagaan, siapa yang membiayai apaKita juga memandang pentingnya akses anak-anak di daerah yang selama ini kurang sekali mendapat pendidikan kedokteran,” paparnya.

Mantan Dirjen Dikti Kemdiknas ini menilai, anak-anak yang tinggal di daerah pedalaman ataupun perbatasan yang minim tenaga medis tersebut seharusnya  penting sekali untuk bisa mendapatkan pendidikan kedokteran“Dengan adanya usulan di dalam RUU ini, Kemdiknas bisa dikatakan memberikan perhatian, afirmasi dan beasiswa kepada merekaSehingga keadilan untuk mendapatkan pendidikan kedokteran ini dapat dinikmati oleh seluruh provinsi,” tukas Fasli.

Fasli membantah jika ada anggapan bahwa anak-anak di pedalaman tidak bisa mendapatkan pendidikan kedokteran disebabkan terganjal oleh belum adanya UU

“Tidak ada hubungannyaHingga saat ini semua berjalan seperti biasaRUU ini hanya untuk memberikan kejelasanBagaimana pendidikannya? siapa yang dididik? Bagaimana akses mereka? Memberikan kemudahan bagi anak-anak yang punya potensi, menjamin pemerataan akses tersebut, ketersedian fakultas kedokteran di seluruh Indonesia, dan penjaminan mutuSehingga, ini diharapkan dapat  melahirkan kompetensi di mana-manaItu pentingItulah inti dari RUU kedokteran ini,”  jelasnya(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AHM Gelar Uji Keterampilan Siswa SMK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler