Diskes Koarmabar Gelar Latihan Operasi Matra Laut

Rabu, 09 Agustus 2017 – 05:35 WIB
Dinas Kesehatan Komando Armada RI Kawasan Barat (Diskes Koarmabar) melaksanakan Latihan Operasi Matra Laut TW II Tahun 2017 di Gedung Diskes Koarmabar, Jakarta Pusat, Selasa (8/8). Foto: Dispen Koarmabar

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Kesehatan Komando Armada RI Kawasan Barat (Diskes Koarmabar) melaksanakan Latihan Operasi Matra Laut TW II Tahun 2017 di Gedung Diskes Koarmabar, Jakarta Pusat, Selasa (8/8).

Kadiskesarmabar, Kolonel Laut (K) dr. Dwi Adang Iskandar, SP.B, mengatakan Latihan Operasi Matra Laut dimaksudkan untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuian prajurit Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) secara perorangan dalam merespons tanggap dan kegawatdaruratan medis yang terjadi selama penugasan di KRI yang sifatnya jauh dari fasilitas kesehatan sehingga bisa menolong dirinya sendiri dan orang lain. Latihan ini juga untuk menyiapkan anggota KRI yang belum mendapat personel Bintara kesehatan agar terlatih tentang P3K.

BACA JUGA: Kapal Perang TNI AL dan AL Thailand Bombardir Pulau Unggul

Menurut Kadiskesarmabar, Latihan Operasi Matra Laut ini mempunyai sasaran terwujudnya pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan personel KRI tentang PPPK dalam rangka pelaksanaan dukungan kesehatan operasional di Koarmabar.

Disamping itu juga untuk melatih dan meningkatkan kemampuan personel KRI dalam melakukan pemeriksaaan awal dan penanganan kedaruratan medik serta evakuasi medis di kapal. Selain itu, menanggulangi kejadian kegawatdaruratan medis di kapal selama penugasan yang sifatnya jauh dari fasilitas kesehatan sehingga bisa menolong dirinya sendiri maupun ABK KRI yang lain.

BACA JUGA: Kapal Perang TNI AL dan AL Thailand Bermanuver di Laut Jawa

“Dengan begitu dapat mengurangi risiko kematian, kecacatan dan mempermudah pelayanan medis lebih lanjut,” kata Kolonel Laut (K) dr Dwi Adang Iskandar seperti siaran pers Kepala Dispenarmabar, Letkol Laut (KH) Budi Amin.

Kadiskesarmabar mengakhiri amanatnya mengharapkan kepada peserta untuk benar-benar memanfaatkan latihan ini dalam menyerap ilmu pengetahuan baik teori maupun praktik yang diberikan oleh para instruktur sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas selanjutnya.(fri/jpnn)

BACA JUGA: Tim SAR TNI AL Berhasil Selamatkan Penumpang Kapal Tenggelam

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kopaska TNI AL dan US Navy Seals Gelar Latma Thunder Iron 17-2446


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
TNI AL   Koarmabar  

Terpopuler