Disnaker DKI Kembali Gelar Bursa Kerja

Selasa, 11 Desember 2012 – 04:04 WIB
MASIH tingginya angka pengangguran di Jakarta membuat Pemprov DKI harus bekerja keras menanggulanginya. Salah satunya adalah dengan menggelar Job Fair atau bursa kerja selama tiga hari selama 11-13 Desember ini. Bagi warga Jakarta yang sedang mencari pekerjaan diharapkan dapat datang ke Job Fair 2012 ini, dengan membawa daftar riwayat hidup dan berkas lamaran lainnya.

Kepala Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI) Disnakertrans DKI, Kartini, mengungkapkan, ada ribuan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan multi nasional di sekitar Jabodetabek dengan berbagai bidang seperti bagian pekerjaan. Antara lain bidang produksi, teknik, IT,marketing, administrasi, finance, HRD dan berbagai bidang pekerjaan lainnya.

Dia mengharapkan lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) DKI Jakarta yang ada di lima wilayah dapat mengikuti Job Fair tersebut. Begitu juga dengan para pelajar lulusan PPKPI yang diharapkan mampu mengisi lowongan yang tersedia.

"PPKPI setiap tahunnya menerima siswa untuk dilatih keahliannya dalam berbagai jurusan ketrampilan. Seperti teknologi mekanik, otomotif, teknik pendingin atau AC, elektronika, bangunan atau konstruksi, tata niaga, aneka kejuruan dan bahasa Inggris," ujarnya, Senin (10/12).

Kartini menegaskan, Pemprov DKI terus berupaya mengurangi angka pengangguran, salah satunya dengan cara menggelar Job Fair setiap tahunnya. Dengan melaksanakan Job Fair secara kontinyu, diharapkan masyarakat pencari kerja lebih mudah mendapatkan akses lowongan kerja sesuai dengan keahlian atau skill yang dimilikinya.

Berdasarkan hasil survei angkatan kerja Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta per Februari 2012, jumlah angkatan kerja sebesar 5,28 juta orang. Angka ini bertambah 273.400 orang dibanding jumlah angkatan kerja tahun sebelumnya sebesar 5,01 juta.

Sementara itu, jumlah penduduk yang bekerja di DKI Jakarta pada Februari 2012 sebesar 4,72 juta orang. Jumlah ini bertambah sebanyak 249.590 orang jika dibanding dengan keadaan Februari 2011 sebesar 4,47 juta orang.

Saat ini, angka pengangguran terbuka di DKI Jakarta sebesar 10,72 persen, atau mengalami sedikit penurunan 0,11 persen. Secara absolut jumlah pencari kerja mengalami peningkatan sebesar 23.800 orang.(wok/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 2013, Semua Pelayanan Pemprov DKI Sudah Online

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler