Dispora DKI Ajak Anak Muda Berkegiatan Positif Lewat Ajang Kreativitas Pemuda Jakarta

Jumat, 26 Juli 2024 – 08:52 WIB
Pembukaan Ajang Kreativitas Pemuda Jakarta (AKPJ) di kawasan Plaza Festival, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Foto: dokumentasi Dispora DKI

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta menggelar Ajang Kreativitas Pemuda Jakarta (AKPJ) di kawasan Plaza Festival Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari 5 wilayah kota dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

BACA JUGA: Dispora DKI Dukung Kebijakan Menpora Terapkan Senam Jadi Olahraga Wajib di Sekolah

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan peserta telah mengikuti seleksi secara berjenjang sebelum bisa mengikuti lomba di tingkat provinsi.

"Sebelumnya pada 2019 sudah kami adakan. Namun, karena ada pandemi Covid-19, akhirnya tahun 2024 ini baru kami gelar kembali secara meriah dan akan secara rutin terselenggara ke depannya," ujar Andri dalam keterangannya dikutip, Jumat (26/7).

BACA JUGA: Pelajar SMA Tewas Tertabrak Kereta Setelah Ikut Tawuran di Kebon Jeruk

Andri menyebutkan ada 7 lomba dalam AKPJ 2024, yakni Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Stand Up Comedy (SUC), film pendek, Palang Pintu, hadroh, grup band musik, dan seni tari kreasi Betawi.

"Lomba dimulai 25-29 Juli 2024 dan diikuti sekitar 500 peserta," kata dia.

BACA JUGA: Berniat Cegah Tawuran di Jakarta Utara, Remaja Malah Dianiaya

Dia berharap melalui inisiasi mengarahkan anak muda kepada kegiatan positif ini dapat menghindarkan mereka dari perilaku atau perbuatan yang tidak baik, termasuk tawuran.

"Dari kegiatan positif ini kami berharap mereka juga meraih prestasi, karena ada beberapa lomba yang penjenjangannya hingga ke tingkat nasional," tuturnya.

Kepala Bidang Pemuda Dispora DKI Jakarta Joko Margo Santoso menambahkan lomba di AKPJ 2024 tersebut juga menghadirkan juri berkompeten.

"Ada dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Jakarta, serta Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB)," sebut Joko.

Joko menambahkan AKPJ 2024 memadukan atau mengombinasikan antara lomba, talkshow, edukasi, kreasi, prestasi dan karya berkelanjutan dari para pemuda Jakarta yang mewakili lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Saya minta semua peserta semangat dan memberikan penampilan terbaik agar bisa menjadi juara dan kebanggaan," pesan Joko. (mcr4/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler