Ditawari Menteri, Pilih Cagub Sumut

Jumat, 04 Mei 2012 – 05:56 WIB

JAKARTA - Sutan Bhatoegana sudah bulat niatnya untuk maju sebagai cagub Sumut.  Tawaran dari Ketum DPP Demokrat Anas Urbaningrum agar Sutan menjadi salah satu menteri di 2014 mendatang pun ditolaknya. Sutan lebih memilih maju sebagai cagub. Anas pun menyetujui.

Saat dihubungi tadi malam, Ketua DPP Demokrat itu menceritakan awal mulanya mengapa dirinya sampai harus minta izin Anas.

Semula, Sutan menemui Wakil Ketum DPP Demokrat Jhonny Allen Marbun, yang juga Koordinator Tim Khusus Demokrat menghadapi pilgub Sumut. Kepada Jhonny, Sutan mengungkapkan kegelisahannya karena hingga saat ini tak ada kader Demokrat yang ikut meramaikan bursa pilgub Sumut.

"Saya bilang ke Jhonny Allen, kenapa belum muncul calon kita (dari Demokrat, red). Saya khawatir kalau Demokrat malah dipakai orang lain. Kalau orangnya baik, tak apa-apa. Kalau tak baik, rusaklah partai kita," cerita Sutan mengenai dialognya dengan Jhonny.

Jhonny tidak langsung setuju. Jhonny mengatakan ke Sutan, pengurus pusat masih membutuhkan dirinya. Sutan pun mengatakan, lantas siapa yang turun ke daerah jika semua di pusat. "Lantas Jonny mengatakan, okelah kalau begitu, tapi izin dululah ke ketua umum (Anas, red)," sambung Sutan.

Sutan setuju saran Jhonny agar segera minta izin Anas. Menurut Sutan sendiri, izin ke Anas juga penting agar Anas tak terkaget-kaget. Nah, begitu bertemu Anas, mantan ketum PB HMI itu pun tidak langsung mengiyakan.

"Anas bilang begini, "jujur saya bang. Abang itu porsinya menteri, bukan gubernur". Lantas saya jawab, menteri itu kan 2014, yang sudah di depan mata sajalah 2013 (pilgub Sumut, red). Ini untuk pengabdian yang jelas ke daerah, ini lebih gampang dan jelas ngaturnya, karena bukan nasional. Saya bilang begitu, Anas lantas bilang, "okelah kalau itu yang terbaik, turun gurung lah, mulai saja sosialisasi","  beber Sutan mengenai pertemuannya dengan bosnya itu.

Memangnya menteri apa yang ditawarkan oleh Anas" Sutan mengatakan, tidak sampai bicara kursi menteri apa. "Maksud Anas, kalau Partai Demokrat masih menang, saya salah satu yang diajukan menjadi menteri. Tapi ya itu tadi, saya bilang saya milih yang lebih jelas dulu lah, ini ibadah (jadi cagub, red)," urai Sutan.

Sutan juga menyebutkan, sudah ada beberapa tokoh yang sudah mendekatinya untuk menjadi cawagub. Siapa tokoh itu" Sutan tak menyebut nama. Dia hanya menyebutkan, tokoh tersebut saat ini ketua DPD salah satu partai di Sumut. "Ada juga bupati dan wakil bupati," ujarnya.

"Tapi saya akan mencari yang sevisi dengan saya, sehingga nanti menjadi dwi tunggal. Sama rata, sama rasa. Satu kakinya sakit, sakit semua. Satu gembira, gembira semua. Jadilah barang itu," ujar Sutan sembari terkekeh. (sam/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Didukung Partai Gurem, Alex Yakin Satu Putaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler