Ditemukan Bulan Terkecil Planet Neptunus

Selasa, 16 Juli 2013 – 18:22 WIB
PASADENA - Teleskop luar angkasa Hubble menemukan sebuah bulan baru dari planet Neptunus. Penemuan satelit baru yang dinamakan S/2004 N 1, membuat planet Neptunus memiliki 14 bulan yang mengitarinya. Bulan yang baru ditemukan ini berukuran sekitar 20 km, paling kecil dalam orbit Neptunus dan mengitari planet tersebut setiap 23 jam.

Laman wired menyebutkan, bulan baru Neptunus itu ditemukan Astronom AS Mark Showalter ketika melakukan penelitian mengenai cincin yang mengelilinginya. NASA menerangkan bulan itu sangat kecil dan redup, sehingga pesawat luar angkasa Voyager tidak menemukan bulan tersebut ketika melewati Neptunus dan meneliti sistem bulan serta cincin planet tersebut.

Metode yang digunakan Showalter untuk menemukan bulan tersebut dengan melacak gerakan titik putih yang terus muncul dalam 150 foto disekitar Neptunus yang diambil Hubble antara tahun 2004-2009.

"Bulan dan lingkaran orbit sangat cepat, jadi kami harus memikirkan cara untuk mengikuti gerakannya untuk mengetahui sistem secara detail," jelas Showalter.

"Ini sama dengan seorang fotografer olahraga yang mengikuti seorang atlet lari, dan atlet tetap berada dalam fokus, tetapi latar belakangnya buram," pungkasnya.

Neptunus merupakan salah satu objek paling menarik dalam tata surya kita. Planet ini memiliki banyak kesamaan dengan tetangga terdekatnya yaitu Uranus dan Jupiter. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Amerika Siap Garap Mesir

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler