Photo: Pemberitaan media lokal Indonesia mengenai mudik Lebaran 2019 jalur darat di Pulau Jawa. (detik.com)

Photo: Pemberitaan mengenai pengalaman mudik warga menggunakan tol yang baru rampung di Sumatera. (detik.com)

BACA JUGA: Wanita Jepang Protes Penghapusan Syarat Gunakan Sepatu Hak Tinggi ke Kantor

Photo: Pemberitaan mengenai dinamika mudik Lebaran 2019, mahalnya tiket pesawat vs tol baru. (cnbcindonesia.com)

Belasan juta warga Jabodetabek (wilayah Jakarta dan sekitarnya) diperkirakan meninggalkan ibu kota pada musim mudik Lebaran 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kondisi jalanan protokol Jakarta di kala libur Lebaran jauh dari kepadatan yang tiap hari menjadi pemandangan rutin warga.

BACA JUGA: Ratusan Perempuan IS Dibebaskan Dari Kamp Pengungsi al-Hawl Suriah

Dari hasil pengamatan ABC, sejumlah jalan protokol di Jakarta pada H-2 sebelum Idul Fitri terlihat lengang. Kepadatan kendaraan yang biasa terjadi di Jl. Jend Sudirman, Jl. Gatot Subroto, Jl. MH Thamrin, Jl. Prof Dr Satrio, Jl Rasuna Said, Jl KH Mas Mansur tak lagi ditemui.

Sebagai dampaknya, waktu tempuh menjadi lebih singkat. Sebagai contoh, waktu tempuh dari Bundaran Senayan di Jakarta Selatan ke Bundaran HI di Jakarta Pusat yang biasanya mencapai satu jam, kini bisa dilalui hanya kurang dari 15 menit.

BACA JUGA: Boeing 737 MAX Diduga Miliki Bagian Bermasalah Yang Pengaruhi Sayap

Kementerian Perhubungan Indonesia memprediksi ada sekitar 14,9 juta warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang melakukan mudik Lebaran 2019. Tak mengherankan jika suasana ibu kota di musim mudik terlihat lengang.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat adanya 57.405 kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H-7 sebelum Idul Fitri yakni Rabu (29/5/2019).

Jumlah ini ternyata naik sebesar 144,4 persen dari lalu lintas harian normal di wilayah itu yang mencapai 23.484 kendaraan.

Beberapa pemberitaan di sejumlah media lokal Indonesia mengenai mudik diwarnai dengan pengalaman pemudik menggunakan jalur darat, utamanya jalan tol Trans Jawa dan Sumatera yang baru dibangun.

Pembangunan infrastruktur tol, seperti dikutip beberapa media seperti detik.com, mampu mempersingkat durasi mudik yang tadinya bisa mencapai 24 jam.

Ada pula pemberitaan mengenai naiknya harga tiket pesawat yang membuat sebagian pemudik beralih ke jalur darat. Photo: Suasana lengang di Jl. Rasuna Said, Jakarta Selatan, pada 3 Juni 2019. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Ruas jalan Rasuna Said arah Menteng (3/6/2019) yang biasanya padat saat hari kerja. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Wilayah Rasuna Said depan Plaza Festival yang sehari-hari selalu padat. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Suasana di simpang Semanggi arah Slipi (3/6/2019). (ABC; Nurina Savitri) Photo: Jl. Jend. Sudirman di dekat simpang Semanggi biasanya selalu menjadi langganan macet. Tapi kondisi itu tak terlihat (3/6/2019). (ABC; Nurina Savitri) Photo: Jl. Jend Sudirman arah Senayan. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Kawasan Senayan yang biasanya padat, kini, saat jelang Lebaran, kondisinya cenderung lengang. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Suasana jalan protokol Jakarta saat musim mudik Lebaran 2019. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Setiap hari, situasi di Jl. KH. Mas Mansyur ini selalu padat dan macet karena adanya pertemuan kendaraan dari arah fly over Kasablanka dan Jl. Jend Sudriman. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Jl. KH Mas Mansyur di kala mudik Lebaran 2019. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Suasana di Jl.Rasuna Said arah Gatot Subroto. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Jl Jend. Sudirman arah Bundaran HI yang kini sangat lengang. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Jumlah kendaraan yang melintasi wilayah Bundaran HI jauh berkurang saat mudik Lebaran. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Sehari-harinya, Jl. Prof Dr. Satrio di wilayah Kuningan ini selalu padat dan macet. Namun kondisi itu tak ditemukan pada (3/6/2019). (ABC; Nurina Savitri) Photo: Saat libur jelang Idul Fitri, mayoritas jalanan di Jakarta tampak lengang. (ABC; Nurina Savitri) Photo: Jl. Prof Dr. Satrio, Jakarta Selatan (3/6/2019). (ABC; Nurina Savitri) Photo: Suasana di simpang Semanggi tepatnya di Jl. Gatot Subroto arah Cawang pada (3/6/2019). (ABC; Nurina Savitri) Gallery: Jalanan Protokol Jakarta Saat Mudik Lebaran

Ikuti berita-berita lain di situs ABC Indonesia.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Belasan Mahasiswa Internasional Jadi Sasaran Serangan di Melbourne

Berita Terkait